LIFESTYLE

Viral 'Pemimpin Rambut Putih', Mengapa Uban Tumbuh di Usia Muda?

Jargon ‘Pemimpin Rambut Putih’ yang dinyatakan oleh Presiden Jokowi tengah menjadi perbincangan.

Featured-Image
Ilustrasi rambut beruban di usia muda. Foto: dok. unairnews.

bakabar.com, JAKARTA – Jargon ‘Pemimpin Rambut Putih’ yang dinyatakan oleh Presiden Jokowi tengah menjadi perbincangan. Tidak sedikit yang mengaitkan ungkapan tersebut dengan sosok Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Seperti yang diketahui, sosok gubernur dua periode itu memang sejak lama dikenal dengan penampilannya yang berambut putih dan selalu tampil percaya diri akan hal tersebut.

Namun hal mengejutkan, Ganjar Pranowo, tiba-tiba mengunggah foto dirinya dengan rambut berwarna hitam. Aksinya tersebut digadang-gadang sebagai itikad dalam memberikan ruang kepada sosok lainnya yang ingin dikaitkan dengan dukungan Jokowi terhadap capres 2024.

Mengapa Usia Muda bisa Beruban?

Faktanya, uban sebagai perubahan kadar melanin juga dapat menjangkit di usia muda, bahkan sebelum usia 20 tahun pada orang Kaukasia. Sebelum usia 25 tahun pada orang Asia, dan sebelum 30 tahun pada orang Afrika-Amerika.

Penyebab tumbuhnya uban di usia muda bisa disebabkan karena beberapa hal, di antaranya:

1. Genetik

Pada tahun 2015, sebuah ulasan dalam Current Problem in Dermatology menyebutk jika factor genetika dan lingkungan dapat memengaruhi sel indul folikerl atau pori tempat tumbuhnya rambut dan sel pigmen. 

Kondisi itu yang menyebabkan tumbuhnya uban di usia muda dan kemungkinan secara silsilah memiliki orang tua yang juga beruban saat di usia yang relatif sama.

2. Stres

Sebuah studi yang dilakukan Nature Medicine menemukan ada keterkaitan erat antara stres dan penipisan sel induk di folikel rambut tikus. 

Di mana stres bisa menyebabkan proses oksidatif atau ketidakseimbangan reaksi radikal bebas dengan antioksidan yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel rambut.

Untuk itu, bila ada peningkatan jumlah helai uban pada rambut, kemungkinan stress menjadi salah satu penyebabnya.

3. Kekurangan vitamin B12

Uban juga menandai kondisi tubuh yang kekurangan vitamin B12. Sebab vitamin ini memiliki peran yang sangat penting dalam upaya pertumbuhan sel-sel rambut.

Anemia pernisiosa merupakan sebuah gejala penyakit kekurangan vitamin B12. Di mana penderitana tik dapat menyerap vitamin B12 dengan cukup baik.

Pada prosesnya, vitamin B12 dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh, termasuk rambut.

Oleh karena itu, kekurangan vitamin ini dapat melemahkan sel rambut dan memproduksi melanin sebagai pigmen pemberi warna.

4. Gangguan kelenjar tiroid

Penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of clinical endocrinology and metabolism (2008) menyebut penurunan hormon tiroid bisa jadi penyebab uban di usia muda. 

Hormon tiroid T3 dan T4 bekerja langsung pada folikel rambut untuk meningkatkan melanogenesis, yaitu produksi melanosit alias sel penghasil pigmen rambut (melanin).

Kelenjar tiroid yang terlalu atau kurang aktif dapat menyebabkan tubuh Anda memproduksi lebih sedikit melanin.

5. Merokok

Sejumlah riset menunjukkan merokok memiliki pengaruh signifikan sebagai penyebab uban di usia muda. 

Efek dari merokok pada tubuh memicu peningkatan stres oksidatif pada melanosit folikel rambut. Selain itu, racun dalam rokok dapat merusak bagian tubuh Anda termasuk folikel rambut Anda

Lebih jauh, kebiasaan merokok bisa menyempitkan pembuluh darah yang dapat mengurangi aliran darah ke folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok.

6. Konsumsi obat-obatan

Obat kemoterapi dan antimalaria dapat menjadi penyebab uban di usia muda. Obat-obatan ini diduga menghambat reseptor tirosin kinase c-kit yang ditemukan dalam melanosit. 

Sebuah ulasan yang diterbitkan dalam jurnal Lupus (2009) juga menemukan bahwa obat klorokuin secara signifikan mengurangi produksi melanin rambut.

Editor


Komentar
Banner
Banner