News

Viral! Pemberian Mobil Listrik Baru Senilai Rp1,3 Miliar untuk 8 Pejabat Riau

Belum lama ini para kepala desa (kades) di Wonogiri, Jawa Tengah, yang dapat kendaraan dinas baru jenis Yamaha NMax hebohkan media sosial.

Featured-Image
Viral! Pemberian Mobil Listrik Baru Senilai Rp1,3 Miliar untuk 8 Pejabat Riau. Foto-Tangkapan Layar

bakabar.com, BANJARMASIN - Belum lama ini para kepala desa (kades) di Wonogiri, Jawa Tengah, yang dapat kendaraan dinas baru jenis Yamaha NMax hebohkan media sosial.

Namun rupanya fasilitas transportasi mewah tidak hanya dirasakan oleh para kades di Wonogiri. Terkini pemberian mobil listrik baru senilai Rp1,3 miliar/unit untuk 8 pejabat di Riau pun tak jauh dari sorotan.

Mobil Toyota bZ4X itu dibeli dengan APBD 2023. Lalu untuk delapan unit mobil listrik tersebut, Pemprov pun harus merogoh kocek Rp 10,4 miliar.

Delapan unit mobil listrik tersebut disiapkan untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Ketua DPRD Riau, Sekdaprov Riau. Selain itu ada juga jatah untuk Kepala Kejaksaan Tinggi Riau dan Kapolda Riau.

Sementara dua unit lainnya akan dipakai oleh Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru dan Badan Penghubung yang ada di Jakarta. Badan Penghubung juga dapat jatah agar dapat dipakai gubernur saat dinas ke ibu kota.

Gubernur Syamsuar menyebut pengadaan mobil listrik itu menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik. Terutama Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle).

"Pemerintah sudah menginstruksikan agar berangsur-angsur beli mobil listrik. Ini di Jakarta sudah jelas, kalau mobil ini ganjil genap bisa," ujar Syamsuar seperti dikutip dari detik, Senin (3/4).

"Kemudian masuk Taman Mini juga tidak bisa pakai mobil BBM. Ini ada juga untuk Badan Penghubung agar dimanfaatkan di Jakarta termasuk Taman Mini," pungkas Syamsuar.

Sementara Kepala Biro Umum Pemprov Riau, Herman mengatakan delapan mobil itu dianggarkan pada 2023. Mobil dinas itu diperuntukkan sejumlah pejabat mulai dari gubernur hingga badan penghubung yang ada di Jakarta.

"Sesuai Instruksi Presiden RI No 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kenderaan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Harga per unit Rp 1,3 miliat sebanyak 8 unit," kata Herman.

Usai dibagikan oleh akun Instagram @terangmedia, momen pemberian 8 unit mobil listrik seharga Rp1,3 miliar itu pun viral hingga menuai beragam komentar dari warganet. Bahkan tak sedikit yang mencibir pemberian 8 unit mobil mewah tersebut.

"Hiyyyaaa setalah lurah dapat NMax sekarang giliran rakyat dipertontonkan wakil rakyat serah terima mobil milyaran," tulis warganet.

"Hisab nya berat para pejabat , uang siapa yg kalian makan ..pungutan pajak hasil dr keringat buruh2 pabrik , petani , pedagang kecil .. dan kalian tanpa merasa berdosa menikmatinya ..," singgung warganet lain.

Editor


Komentar
Banner
Banner