viral

Viral Fenomena Matahari Terbit dan Bulan Tenggelam Bersamaan, Kok Bisa?

Sebuah video yang memperlihatkan bulan tenggelam dan matahari terbit dalam waktu bersamaan viral di media sosial.

Featured-Image
Sebuah video yang memperlihatkan bulan tenggelam dan matahari terbit dalam waktu bersamaan viral di media sosial. Foto-TikTok/@pak_wanimbo

bakabar.com, BANJARMASIN - Sebuah video yang memperlihatkan bulan tenggelam dan matahari terbit dalam waktu bersamaan viral di media sosial.

Video berdurasi 1 menit 49 detik yang diunggah oleh akun TikTok @pak_wanimbo itu terjadi di daerah Sinak, Kabupaten Papua pada pagi hari sekitar pukul 05.30 waktu setempat.

Dalam video tampak fenomena dimana pada satu sisi di langit Papua, terlihat bulan yang masih bersinar dan di sisi lain terlihat matahari yang hampir terbit.

Pria dalam video mengatakan tak mengetahui pasti terkait fenomena ini, namun dia mengaku sangat kagum dengan pemandangan langka ini dan ia membeberkan pengakuan tentang pertama kalinya melihat momen matahari terbit dan bulan tenggelam dalam waktu bersamaan selama berada di daerah itu.

Sementara itu, Kepala Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Emanuel Sungging mengatakan, Matahari terbit dan Bulan tenggelam dalam waktu bersamaan adalah fenomena biasa.

Fenomena itu, lanjut Sungging, selalu terjadi setelah purnama menuju bulan mati.

"Tapi mungkin kalau di kota besar ada polusi cahaya jadi tidak terlalu terlihat," ujarnya dikutip dari kompas.com, Minggu (11/6).

Senada, Profesor Riset Astronomi-Astrofisika BRIN, Thomas Djamaluddin mengatakan, fenomena Matahari terbit dan Bulan tenggelam dalam waktu bersamaan dapat terjadi saat purnama.

Hal ini karena, ketika Magrib Matahari terbenam di ufuk barat dan purnama terbit di timur. Sementara saat pagi, Matahari terbit di timur dan Bulan terbenam di barat.

"Ya, bisa bersamaan. Tetapi tidak selalu," ungkapnya.

Disisi lain, video fenomena matahari terbit dan bulan yang tenggelam secara bersamaan ini juga mengundang beragam komentar dari warganet.

“pertama kali lihat ini meskipun hanya lewat video.. masya allah, Allah maha besar” tulis salah satu akun.

“MasyaAllah, terimakasih kakak sudah membagikan fenomena keindahan yang langka ini” timpal lainnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner