News

Viral Bunyi Nada Dering Jadul Ponsel Menteri Basuki Saat Dampingi Jokowi di IKN

Di sela-sela wartawan mengajukan pertanyaan kepada Jokowi di IKN, tiba-tiba nada dering khas Nokia milik Menteri (PUPR) Basuki Hadimuljono berbunyi dengan keras

Featured-Image
Viral bunyi nada dering ponsel Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. (Foto: dok. HiTekno)

bakabar.com, JAKARTA - Kejadian lucu terjadi saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan kepada media di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Selasa (25/10).

Di sela-sela wartawan mengajukan pertanyaan kepada Jokowi, tiba-tiba nada dering khas Nokia milik Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berbunyi dengan keras.

Berikut video singkat saat ponsel Basuki Hadimuljono tiba-tiba berbunyi melalui akun Twitter @triwul82.

Pria yang akrab disapa Pak Bas itu berbalik badan dan cepat-cepat mematikan bunyi dari ponselnya itu lalu bertingkah seolah tidak terjadi apa-apa.

Sontak kejadian kocak tersebut memecah suasana yang sedang serius.

Baca Juga: Jokowi Teken Perpres Tetapkan 11 Cadangan Pangan Pemerintah

Pasalnya, nada dering yang menjadi ciri khas Nokia itu dulu sangat familiar di telinga pada era awal 2000-an.

Namun, nada dering tersebut Kini sudah jarang terdengar atau bisa dibilang sudah punah termakan zaman yang makin modern.

Sudah Memakai Ponsel Nokia Sejak Lama

Soal dirinya yang menggunakan ponsel Nokia jadul, sebetulnya sudah pernah disampaikan Menteri PUPR itu kepada publik.

Tepatnya saat menghadiri Podcast Sekretariat Kabinet RI pada 18 Maret 2022.

"Saya tahu power-nya digital equipment itu, tapi saya enggak terlalu hobi main itu. Jadi handphone saya masih Nokia," jelas Basuki sambil menunjukkan ponselnya, dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Kabinet RI.

Baca Juga: Soal Perkembangan IKN, Jokowi: Pembangunan Infrastuktur Sudah Dimulai

Dia juga mengaku tidak memiliki smartphone, tetapi hanya ponsel legendaris berwarna hitam dan silver itu.

"Nokia aja (tidak punya smartphone), kalau yang WA ya (punya) ajudan, kalau saya hanya pegang ini," tukasnya.

Ketika aplikasi WhatsApp down selama berjam-jam pada Selasa (25/10), tentu Pak Bas tak risau seperti para netizen yang membuat trending topic di Twitter.

Bagaimana tidak, karena aplikasi-aplikasi canggih tidak ada di ponsel Pak Bas. Fitur yang dimiliki hanya telepon, SMS, dan game legandaris Snake (ular-ularan).

Memakai Ponsel yang Sama Dengan Perdana Menteri Belanda

Kendati begitu, menurutnya, ponsel tersebut hanya dimiliki oleh dua orang di dunia. Salah satunya milik Perdana Menteri Belanda Mark Rutte.

"Tapi ini (Nokia) di seluruh dunia hanya dua orang yang pakai, saya dengan Perdana Menteri Belanda. Dua kali saya jemput beliau di Bandara Halim, hal pertama kali saya tanyakan, 'Mana handphone-mu?'," tandasnya.

Baca Juga: Waspada! Tilang Elektronik Sudah Berlaku di Jalan Raya

Ia mengaku meski sering kali mendapat protes dari Menteri Keuangan (Sri Mulyani) saat dirinya memberikan pesan lewat SMS, Sri Mulyani selalu membalas dengan SMS juga.

Tingkah Pak Bas memang kerap kali mengundang gelak tawa untuk publik. Mulai dari saat dirinya pernah bergaya jadi fotografer dadakan hingga drumer dengan topi terbalik saat kegiatan-kegiatan pemerintahan.

Kejadian kocak ini mematahkan ekspekstasi publik terhadap seorang pejabat yang hidup pada era teknologi digital berbasis smartphone. 

Masih ada juga seorang menjabat yang bergaya hidup sederhana yang masih setia memakai ponsel jadul miliknya.

Editor
Komentar
Banner
Banner