viral

Viral Aksi Emak-emak Berkendara Bantu Buka Jalan untuk Ambulans

Aksi seorang emak-emak yang membuka jalan untuk mobil ambulans dengan mengendarai sepeda motor viral di media sosial.

Featured-Image
Aksi seorang emak-emak yang membuka jalan untuk mobil ambulans dengan mengendarai sepeda motor viral di media sosial. Foto-Tangkapan Layar

bakabar.com, BANJARMASIN - Aksi seorang emak-emak yang membuka jalan untuk mobil ambulans dengan mengendarai sepeda motor viral di media sosial.

Dilansir dari ANTARA, aksi heroik emak-emak bermotor tersebut ternyata sudah lama terjadi pada Minggu (30/4) lalu, yang mana saat itu wilayah selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tengah kedatangan banyak wisatawan dari berbagai daerah.

Namun aksi ini baru-baru viral setelah diposting ulang oleh akun TikTok @masdwie.ap.

Dari video yang diposting akun tersebut, terlihat mobil ambulans sedang jalan di tengah kemacetan, tampak juga seorang emak-emak mengendarai motor metik dengan mengenakan daster. Emak-emak itu pun mengawal mobil ambulans sembari membuka jalan.

Sang sopir ambulans, Irfan mengatakan aksi emak-emak heroik itu tentu sangat membantu dirinya yang saat kejadian tengah membawa pasien yang masih bayi berusia delapan minggu yang menderita epilepsi atau kejang-kejang, anemia berat, dan sesak napas, dari RSUD Jampangkulon, Kecamatan Jampangkulon untuk dirujuk ke RSUD Sekarwangi, Kecamatan Cibadak.

Namun dalam perjalanan, ambulans yang dikemudikan sempat berhenti beberapa kali karena padatnya arus kendaraan karena puncak kedatangan arus wisatawan.

Beruntung ada emak-emak bermotor matik berdaster hitam yang kemudian mengawal ambulans itu sembari membuka jalan. Selain itu kondisi arus lalu lintas saat itu tengah diberlakukan one way dan emak-emak itu pun dengan sigap membuka plang penutup jalan agar ambulans tetap bisa lewat.

Posisi volume kendaraan paling padat di Pertigaan Loji dan Kiara Dua. Ambulans itu pun dikawal emak-emak sampai lepas Jembatan Bagbagan. Setelah itu ambulans menuju ke kanan arah Kecamatan Cibadak dan emak-emak itu ambil arah kiri ke arah Kecamatan Palabuhanratu.

Irfan mengaku belum sempat mengucapkan terima kasih kasih kepada perempuan tersebut. Namun dengan aksi heroik tersebut, ia bisa mengantar pasien selamat sampai RSUD Sekarwangi.

"Posisi paling padat di Pertigaan Loji dan Kiara Dua. Sampai kemudian muncul, emak-emak berdaster hitam tersebut. Dan langsung mengawal sampai lepas Jembatan Bagbagan, kemudian saya ke arah kanan ke Cibadak, sementara dia belok kiri ke arah Palabuhanratu," ujar Irfan dikutip dari ANTARA, Sabtu (13/5).

Ia menduga perempuan pembuka jalan itu sudah terbiasa touring, karena selama dalam kawalannya, beberapa kali emak-emak itu memberikan kode. Bahkan sempat mengangkat kakinya saat ada mobil bak terbuka dari arah berlawanan, sehingga mobil itu langsung menyingkir ke bahu bahu jalan untuk memberikan jalan bagi ambulans.

Editor


Komentar
Banner
Banner