Hari Batik Nasional

[Video] Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Bangga Terhadap Batik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan batik Parang Barong Seling Kembang dalam acara Istana Berbatik yang dilaksanakan di kawasan Istana Merdeka.

bakabar.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan batik Parang Barong Seling Kembang dalam acara Istana Berbatik yang dilaksanakan di kawasan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Minggu (1/10).

Merujuk keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, batik yang dikenakan Jokowi memiliki nama lengkap Parang Barong Seling Kembang Udan Riris. Motif batik parang yang dikenakan Jokowi adalah memerangi. Di mana seorang pemimpin harus berani bersikap tegas memerangi ketidak benaran yang ada. Motif batik parang juga biasa dikenakan oleh para raja.

Acara Istana Berbatik merupakan perayaan Hari Batik Nasional yang jatuh pada Senin (2/10). Dalam acara ini, Jokowi menyebut bangsa Indonesia perlu bersyukur karena memiliki batik, bukan hanya sebagai karya seni, tapi juga warisan tak benda dunia.

Tidak hanya itu, acara ini menampilkan peragaan busana dari 503 orang peraga yang datang dari beragam instansi dan profesi, mulai dari perwakilan kerajaan, pimpinan lembaga negara, menteri beserta wakil menteri, hingga pimpinan daerah.

Video Jurnalis: Tim Redaksi
Video Editor: Iskandar Zulkarnaen
Produser: Jekson Simanjuntak

Editor
Komentar
Banner
Banner