Megaproyek IKN

[VIDEO] Bandara IKN, Menhub: Siap Didarati Pesawat Besar

Menhub Budi Karya Sumadi mengungkapkan Bandara IKN Nusantara pada Desember 2024 sudah bisa melayani penerbangan pesawat berbadan lebar.

bakabar.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, Bandara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Desember 2024 sudah bisa melayani penerbangan pesawat berbadan lebar seperti Boeing-777 dan Airbus- A380.

Pembangunan bandara IKN dikebut dalam waktu 2 tahun dengan kontrak jamak pada 2023 - 2024, sehingga bisa dioperasikan pada pertengahan tahun 2024. Nantinya, bandara bisa segera bisa melakukan pelayanan terbatas, guna menunjang pelayanan dan kegiatan di Ibu Kota Nusantara.

Nantinya bandara seluas 347 hektare itu akan melakukan pelayanan terbatas pada Juli 2024, untuk pesawat seperti Airbus-300. Kemudian pada Desember pesawat berbadan lebar seperti Boeing 777 dan Airbus 380 diharapkan bisa melakukan pendaratan.

Baca Juga: [VIDEO] Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Jalan Tol IKN

Saat ini, Bandara IKN memiliki runway 3000 x 45 meter sehingga mampu didarati pesawat berbadan besar, seperti Boeing 777-300 ER dan Airbus A380. Adapun kapasitas apron mampu menampung 3 pesawat berbadan besar (Wide Body) ditambah 1 pesawat berbadan kecil (Narrow Body), atau 7 pesawat berbadan kecil (Narrow Body), serta kapasitas helipad menampung 3 (tiga) helikopter.

Desain terminal bandara mengusung nuansa Rumah Panjang atau rumah khusus khas suku dayak. Juga Burung Rangkok, dan lukisan garis lengkung khas Kalimantan.

Nantinya bandara ini akan memiliki fasilitas, Terminal VVIP, Terminal VIP, Parkir GSE, Pos Pemeriksaan Sisi Udara, Pos Jaga, Hanggar, Cargo, Catering, DPPU, Rumah Pompa, STP & WTP, Substation Power House, Bengkel / GSE Maintenance, Bangunan Ibadah, Perkantoran, Gedung Karantina, Kantin, Rumah Dinas, TPS, Meteorologi, EOC, PKP PK, Power House, Gardu PLN, ATC Tower.

Video Journalist: Tim Redaksi
Video Editor: Iskandar Zulkarnaen
Produser: Jekson Simanjuntak

Editor


Komentar
Banner
Banner