Pemko Banjarbaru

Vaksinasi di Banjarbaru: Tercepat di Kalsel, Stok Vaksin Melimpah

apahabar.com, BANJARBARU – Banjarbaru menjadi kota pertama di Kalimantan Selatan yang mencapai target vaksinasi. Pada Selasa…

Featured-Image
Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin didampingi Kadinkes Kota Banjarbaru Rizana Mirza. Foto-Nurul Mufidah

bakabar.com, BANJARBARU – Banjarbaru menjadi kota pertama di Kalimantan Selatan yang mencapai target vaksinasi.

Pada Selasa (30/11) siang, capaian vaksinasi dosis pertama di Banjarbaru mencapai 70,14 persen.

“Kita sudah melewati angka 70 persen. Artinya Banjarbaru sudah melampaui target nasional,” kata Wali Kota Banjarbaru, M Aditya Mufti Ariffin.

Seperti diketahui, pemerintah pusat menargetkan cakupan vaksinasi di kabupaten atau kota sebesar 70 persen hingga akhir Desember nanti.

“Alhamdulillah, Banjarbaru menjadi kabupaten kota pertama di Kalimantan Selatan yang tembus di angka 70 persen,” tambah Ovie, sapaan akrab Wali Kota.

Sementara untuk capaian vaksinasi dosis kedua Banjarbaru sebesar 57,04 persen. Saat ini ada selisih 13 persen dari capaian dosis pertama. Dia berharap pada Desember nanti, cakupan vaksinasi sudah memenuhi target.

Meskipun cakupan vaksinasi dosis pertama sudah mencapai target, Ovie menegaskan vaksinasi akan terus berlanjut.

Dinas Kesehatan bersama tenaga kesehatan dan vaksinator di Banjarbaru terus membuka pelayanan, baik di fasilitas kesehatan seperti puskesmas maupun melalui bus vaksinasi keliling.

“Bukan berarti sudah mencapai target lalu berhenti sampai di sini, tetapi ini tetap akan terus berlangsung untuk kita bisa mencapai herd immunity untuk masyarakat kota Banjarbaru,” tegasnya.

Tahun depan, kata dia, Pemkot Banjarbaru merencanakan menggelar vaksinasi untuk anak usia 12 tahun. Tapi program ini masih menunggu instruksi pemerintah pusat.

Sementara stok vaksin di Banjarbaru masih tersedia kurang lebih 30 ribuan. Untuk vaksinasi dosis kedua, angka ini sudah mencukupi.

“Termasuk juga kalau ada instruksi untuk booster vaksinasi ketiga, juga masih mencukupi,” tegasnya.

Ovie pun berharap agar masyarakat tetap melakukan vaksinasi, baik dosis pertama maupun dosis kedua. Dia juga meminta masyarakat tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan.



Komentar
Banner
Banner