Pemkab Banjar

Usai Studi Tiru ke Pemkab Badung, DKISP Banjar Berencana Pasang Wifi Gratis di Sekolah

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar, HM Aidil Basith berencana pasang wifi gratis di sekolah SD - SMP

Featured-Image
DKISP Banjar bersama awak media melakukan studi tiru ke Diskominfo Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Foto-apahabar.com/Hendra Lianor

bakabar.com, BALI - Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar, HM Aidil Basith, berencana memberikan pelayanan wifi gratis secara bertahap pada sekolah tingkat SD dan SMP.

Rencana itu setelah pihaknya melakukan studi tiru bersama awak media ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Badung, Provinsi Bali belum lama ini.

Seperti dipaparkan Kasi Pengelolaan Informasi Publik Diskominfo Kabupaten Badung, I Made Rai Suarimbawa mengatakan, total 987 titik wifi gratis untuk masyarak umum dengan 1067 accsess point yang dipasang di areal publik, objek wisata, kantor desa/lurah, kantor camat, pustu, dan seluruh SD dan SMP.

Untuk penyediaan wifi gratis itu, pihaknya bekerja sama dengan dua provider. Adapun anggaran yang dikeluarkan per tahunnya sekitar Rp30 miliar.

"Kami sudah melakukan pemasangan wifi gratis itu sejak 2016. Untuk di sekolah tujuannya untuk menunjang pendidikan, karena dengan akses internet gratis anak-anak dapat mengaksesnya kapan pun untuk mengerjakan tugas sekolah tanpa harus beli kouta," ujar I Made Rai Suarimbawa.

Sementara, Kepala DKISP Banjar HM Aidil Basith menyampaikan terima kasihnya atas sambutan Diskominfo Badung. Menurutnya, banyak hal menarik didapat pada studi tiru kemarin, di antaranya soal kerjasama dengan para jurnalis dan influencer untuk penyebaran informasi pemerintah daerah.

Soal wifi gratis untuk umum di Pemkab Badung, Basith mengakui pendapatan aslu daerah (PAD) mereka mencapai 3 triliun lebih. Jumlah itu sangat jomplang dengan PAD Kabupaten Banjar yang hanya 217 miliar lebih pada 2022.

"Jadi wajar jika Pemkab Badung dapat menganggarkan puluhan miliar untuk wifi gratis," ungkap Basith, mengatakan optimis dapat meniru Pemkab Badung sedikit demi sedikit.

Wifi gratis yang sudah ada di Pemkab Banjar, kata Basith lagi, sudah tersedia di beberapa titik areal publik serta sebagian kantor kecamatan, di mana dapat digunakan masyakarat ketika jam kantor tutup.

"Ke depannya kita akan mengembangkan wifi gratis untuk SD dan SMP secara bertahap," pungkasnya.

Dalam kunjungan ke Pemkab Badung tadi, turut mendampingi Sekretaris DKISP Faisal, Kabid IKP Sawly Sahri, Kasi Hubungan Media Layanan Informasi Publik M Lutfi dan Kasi Pengelolaan Media Informasi dan Komunikasi Publik M Faihal Rizal.

Editor


Komentar
Banner
Banner