Tak Berkategori

Usai Dilantik, Dewan Kesenian Tala Bersiap Sukseskan Event ASKS 2022

apahabar.com, MARTAPURA – Dewan Kesenian Kabupaten Tanah Laut (Tala) mulai bersiap untuk event besar Aruh Sastra…

Featured-Image
Pelantikan Dewan Kesenian Tanah Laut periode 2021-2026 di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Jumat (10/12) malam. Foto-istimewa.

bakabar.com, MARTAPURA – Dewan Kesenian Kabupaten Tanah Laut (Tala) mulai bersiap untuk event besar Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) tahun 2022, usai resmi dilantiknya kepengurusan periode 2021-2026.

Selama 5 tahun ke depan, Dewan Kesenian Tala dinakhodai Hadani, seniman teater kelahiran 14 Januari 1990 silam itu.

Pelantikan dipimpin Bupati Tala HM Sukamta yang diwakilkan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, hukum dan Politik Muhammad Mursi di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Jumat (10/12) malam.

Hadani terpilih sebagai Ketua Dewan Kesenian Tala dalam Musyawarah Seniman (Musen) ke-V Tala, pada 25 November tadi. Ketua sebelumnya dijabat Djamal Suryanata, seorang sastrawan di sana.

Ada dua target utama yang ingin Hadani capai, yakni menyukseskan ASKS ke-XIX tahun 2022, dimana Tanah Laut sebagai tuan rumahnya.

“Alhamdulillah pada sidang pleno ASKS 2020 di Tabalong lalu, kita Tanah Laut dipercayakan sebagai tuan rumah tahun 2022. Tentunya untuk menyukseskan event sebesar ASKS itu, persiapan harus sudah kita mulai secepatnya,” ujar Hadani kepada bakabar.com, Sabtu (11/12).

Oleh karenanya, kata Hadani, dukungan Bupati Tanah Laut, Disdikbud dan stakeholder terkait sangat diharapkan untuk kesuksesan ASKS tahun depan.

Target lain yang ingin dicapai, yaitu adanya gedung kesenian tersendiri untuk mewadahi seluruh seniman di Tanah Laut.

Selama ini, kata Hadani, para seniman sering meminjam tempat berkumpul di gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan maupun Disdikbud Tala.

“Kalau panggung untuk menampilkan karya seni itu ada, tapi kekurangannya untuk duduk penonton tidak ada. Yang kami harapkan itu ada sejenis tribunnya untuk duduk penonton. Jika nantinya sudah ada gedung kesenian tersendiri, maka otomatis kami pun punya sekretariat sendiri untuk memudah pengengembangan bakat seniman,” papar Hadani.



Komentar
Banner
Banner