Tak Berkategori

Update Harga Bawang di Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebelumnya komoditas bawang menyentuh harga Rp40 ribu per kilogram. Hari ini, Rabu (24/4),…

Featured-Image
Pedagang bawang di Pasar Harum Manis II Banjarmasin. Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi

bakabar.com, BANJARMASIN - Sebelumnya komoditas bawang menyentuh harga Rp40 ribu per kilogram. Hari ini, Rabu (24/4), harga bawang merah mengalami penurunan.

Sejumlah pedagang di Pasar Harum Manis II Banjarmasin mengaku harga bawang merah mulai turun jadi Rp35 ribu per kilogram dibanding sebelumnya Rp40 ribu per kilogram.

“Tepatnya, dua hari terakhir ini bawang merah sudah turun. Tapi bawang putih masih berada pada harga Rp40 ribu per kilogram," ujar Hj Ida, pedagang bawang Pasar Harum Manis II Banjarmasin.

Dia mengemukakan, harga komoditas bawang sangat berpengaruh pada stok di gudang. Sementara ini bawang merah didatangkan dari Sulawesi.Sedang bawang putih dari Jawa. Namun hingga kini belum ada distribusi bawang putih dari Jawa.

Bertahannya harga bawang putih pada harga pada angka Rp40 ribu, karena stok dipasaran sudah mulai kosong.

Baca Juga:Jelang Ramadhan, Harga 1 Kg Bawang Capai Rp40.000

Untuk kebutuhan bawang putih, petani di sejumlah wilayah di Indonesia hanya mampumencukupi 5 persen kebutuhan. Sementara 95 persen bawang putih mesti didatangkan dari China.

Hingga saat ini Kementerian Perdagangan (Kemendag) belum mengeluarkan izin impor bawang putih kepada Perum Bulog. Hal ini pun bisa memicu kenaikan harga komoditas.

Bahkan harga bawang putih secara nasional berada di level Rp 48.000 per kilogram. Angka ini jauh lebih tinggi dari sewajarnya.

Sebelumnya pemerintah memutuskan membuka keran impor bawang putih sebanyak 100.000 ton melalui Perum Bulog. Hanya saja, hingga saat ini Kementerian Perdagangan (Kemendag) belum mengeluarkan izin impor.

Dipantaubakabar.comdari laman Inatrade Kementerian Perdagangan, izin impor bawang putih untuk Perum Bulog belum juga turun.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Picu Sejumlah Harga Pangan di Kalsel

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner