Hot Borneo

Upaya Disnakertrans Kotabaru Tingkatkan Jumlah Pencari Kerja di BLK

apahabar.com, KOTABARU – Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kotabaru akan berupaya meningkatkan…

Featured-Image
Ilustrasi pencari kerja. Foto-Ist

bakabar.com, KOTABARU – Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kotabaru akan berupaya meningkatkan kuota pencari kerja di Balai Latihan Kerja (BLK).

Kadisnakertrans Kotabaru, Sugian Noor, mengatakan upaya peningkatan jumlah pencari kerja tersebut akan dilakukan karena telah menjadi tanggung jawab pemerintah.

“Peningkatan jumlah pencari kerja akan kita lakukan, bekerja sama dengan pihak perusahaan,” kata Sugian, kepada wartawan, Jumat (18/3) siang.

Sejauh ini BLK Kotabaru anggarannya hanya bisa menampung dua kelas tiap tahunnya dengan anggaran dari pusat, dan dari APBN.

Kondisi tersebut, kata dia, tidak sebanding dengan lulusan sekolah di Kotabaru yang jumlahnya ribuan.

“Dengan begitu insyaallah kami akan berupaya menggandeng perusahaan agar bisa bekerjasama memberikan pelatihan untuk pencari kerja. Utamanya, di wilayah ring satu masing-masing perusahaan,” ucapnya.

Sebelumnya, pada 2019 Disnakertrans Kotabaru telah bekerja sama dengan pihak PT Arutmin NPLCT. Kerja sama itu berhasil, khususnya untuk pencari kerja operator alat berat.

“Jadi setelah dilatih masyarakat di ring satu itu, maka kita juga meminta kepada perusahaan supaya bisa langsung merekrutnya sebagai karyawan,” pungkas Sugian, eks Kadishub ini.



Komentar
Banner
Banner