Pemkab Tanah Laut

Upacara Hari Pahlawan 2022, Dandim 1009 Tala Ingatkan Ancaman di Depan Mata 

Komandan Komando Distrik Militir (Dandim) 1009 Tanah Laut (Tala), Letkol Inf Indar Irawan mengajak seluruh pihak untuk merasapi semangat para pahlawan.

Featured-Image
Dandim 1009 Tala, Letkol Inf Indra Irawan selaku inspektur upacara Hari Pahlawan 2022, Kamis (10/11/2022). Foto-apahabar.com/Ali Chandra.

bakabar.com, PELAIHARI - Komandan Komando Distrik Militir (Dandim) 1009 Tanah Laut (Tala), Letkol Inf Indar Irawan mengajak seluruh pihak untuk merasapi semangat para pahlawan.

Hal itu disampaikannya saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan 2022 yang digelar di halaman Kantor Bupati Tala, Kamis (10/11/2022).

Ajakan itu tak luput dari amanat Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini yang dibacakan pada peringatan Hari Pahlawan 2022 dengan tema Pahlawanku Teladanku.

"Hari Pahlawan setiap tahun kita peringati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup kita sebagai Bangsa dan Negara merdeka," kata Letkol Indar.

Indar mengajak semangat pahlawan dalam hidup kembali dihidupkan. "Dari para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya," ucap Dandim yang baru beberapa hari ini bertugas di Kodim 1009/TLA ini.

Dalam amanat Mensos tersebut, Indar menekankan perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan nyata yang sekarang berada di hadapan. Seperti masalah pemanasan global yang memicu berbagai bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih agar kiranya perlu dipersiapkan dengan sungguh-sungguh.

Oleh karena itu semua pihak harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan. Melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan.

Tak hanya itu, mampu mengelola sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan generasi mendatang dengan lebih baik lagi.

"Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi para pejuang muda untuk mengelola kekayaan alam Indonesia yang luar biasa bagi kejayaan Bangsa dan Negara tercinta. Mari kita merajut kesejahteraan, menjadi Pahlawan Bangsa di masa depan," ujar Indar.

Upacara Hari Pahlawan dihadiri unsur Forkopimda Tala, veteran dan pejabat eselon II Pemkab Tala, undangan serta ASN Tala sebagai peserta upacara.

Pada kesempatan ini juga tiga orang camat turut menjadi petugas upacara. Di antaranya Camat Takisung menjadi Pembaca UUD 1945, Camat Pelaihari dan Camat Tambang Ulang menjadi pembaca pesan-pesan pahlawan nasional. 

Baca Juga: Membanggakan! 2 Mahasiswa dan 4 Dosen Politeknik Tala Lolos Seleksi Belajar ke Luar Negeri

Editor


Komentar
Banner
Banner