Habar Pemilu 2024

Untuk Dibagikan ke Sejumlah Daerah, KPU Kalsel Terima Ribuan Kotak Suara Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalsel sudah melakukan distribusi kotak suara tahap pertama pada Pemilu 2024.

Featured-Image
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalsel sudah melakukan distribusi kotak suara tahap pertama pada Pemilu 2024. Foto: KPU Kalsel

bakabar.com, BANJARMASIN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel sudah melakukan distribusi logistik berupa kotak suara tahap pertama pada Pemilu 2024.

Kotak suara tersebut bakal dibagi ke 13 kabupaten/kota di Kalsel. Keseluruhan Kalsel mendapatkan 68.232 kotak suara.

Ketua KPU Kalsel, Andi Tenri Sompa menerangkan, delapan dari total 11 kontainer yang membawa kotak suara Pemilu 2024 tiba lebih dulu di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalsel, Selasa (14/11/2023) tadi.

Rata-rata setiap kontainer berisi 3.900 sampai 4.000 kotak suara.

Logistik kotak suara yang datang lebih awal ini akan didistribusikan ke enam daerah, yakni Kotabaru, Banjarmasin, Banjarbaru, Barito Kuala (Batola), Hulu Sungai Selatan (HSS), dan Tanah Laut.

“Pendistribusian kotak suara ini dikawal ketat aparat kepolisian dan diawasi Bawaslu,” ujarnya.

Komisioner KPU Kalsel, Arif Mukhyar menambahkan setelah distribusi kotak suara ke enam daerah rampung, KPU Kalsel menargetkan untuk tujuh daerah lainnya sudah diterima paling lambat 21 November 2023.

“Informasi yang kami dapat, kotak suara secara lengkap untuk seluruh daerah di Kalsel sudah terpenuhi maksimal 21 November,” tandasnya.

Kotak suara merupakan logistik terakhir tahap pertama yang tiba di Kalsel. Sebelumnya sudah lebih dulu bilik suara, segel plastik, tinta, dan segel.Barang-barang itu disimpan di gudang logistik yang disediakan dan dikelola oleh KPU kabupaten/kota.

Selanjutnya, pengadaan tahap II meliputi surat suara, sampul, formulir, alat bantu tunanetra, serta daftar pasangan calon dan daftar calon tetap sedang proses.

Editor


Komentar
Banner
Banner