Tak Berkategori

Uniknya Pasar Tungging, Pasar Rakyat Khas Warga Banjarmasin

Bagi masyarakat Kota Banjarmasin, Pasar Tungging di Jalan Belitung sudah tidak asing lagi. Sesuai namanya, pasar…

Featured-Image
Suasana Pasar Tungging di Jalan Belitung, Banjarmasin. Foto – apahabar.com/Eddy Andriyanto

Bagi masyarakat Kota Banjarmasin, Pasar Tungging di Jalan Belitung sudah tidak asing lagi. Sesuai namanya, pasar yang identik dengan tungging (duduk jongkok) ini buka sekitar pukul 17.40 hingga pukul 21.00 Wita. Bahkan tidak jarang hingga menjelang tengah malam.

Eddy Andriyanto, BANJARMASIN

Buat wisatawan yang menyukai belanja unik, wajib mampir ke Pasar Tungging. Selain tawarkan suasana yang tidak yang tak biasa, barang-barang yang dijual di sini juga bervariasi. Yuk, intip seperti apa uniknya pasar dadakan yang buka selepas mentari terbenam ini.

Lapak Dagangan di Tengah Jalan

Para pedagang di Pasar Tungging akan menggelar jualan mereka di pinggir jalan, memanfaatkan lahan di samping kanan kiri jalan. Bahkan terkadang menggelar lapak dagangan di tengah jalan hingga membuat macet pengguna jalan.

Ada sekitar puluhan pedagang memadati kawasan Pasar Tungging. Namun jangan harap melihat mereka saat siang, sebab pada saat itu kawasan yang menjadi lokasi akan menjelma menjadi daerah pemukiman seperti biasa.

Lokasi dan waktu Pasar Tungging masing-masing tempat atau daerah di Banjarmasin tidaklah sama. Ada yang setiap malam Minggu, malam Selasa hingga malam Jumat. Pastinya, sepekan sekali loh.

Aneka Jajanan Khas Banjar

Pernah dengar mie bancir yang legendaris? Yup, di sini anda bisa menemukan dan mencicipinya. Namun bukan cuma itu, banyak menu lain yang tak kalah lezat dan recommended. Ada juga wadai-wadai (kue-kue)khas Banjar yang legit seperti bingka barandam, bingka kentang, kue lam, cucur, kelelepon, gaguduh pisang, semua ada dan soal rasa dijamin tidak akan pernah terlupakan.

Kalau anda datang ke kawasan kuliner ini di sore atau malam hari, siap-siap kalap karena akan banyak pedagang kaki lima yang menjajakan aneka camilan yang tak kalah menggiurkan dengan harga sangat terjangkau.

Bisa Tawar Menawar

Pasar Tungging juga dikenal dengan sebutan Pasar Jongkok (jawa), lantaran diambil dari posisi si penjual dan pembeli yang sama-sama jongkok atau nungging saat bertransaksi. Pasar Tungging merupakan pasar rakyat yang sebenarnya, semua segmen bisa masuk dan hampir semua barang yang menjadi kebutuhan rumah tangga dijual di sini dengan harga yang merakyat.

Semua orang-orang di pasar Tungging ini sudah tertib dan ramah. Para pengunjung bakal lebih aman berbelanja di sini. Barang-barang yang dijual harganya juga lebih murah, bahkan bisa ditawar lebih dulu. Sebelum memutuskan membeli, pelanggan juga boleh memeriksa semua detail barang secara teliti.

Cocok untuk Jalan-Jalan

Meski sebutannya pasar, tak jarang orang datang untuk sekedar jalan-jalan di sini. Keberadaan Pasar Tungging memang jadi daya tarik bagi sebagian kalangan. Mungkin salah satunya karena fakta bahwa pasar ini diwacanakan untuk dijadikan ikon wisata belanja yang murah meriah pada dekade tahun 2000an. Ditambah lagi beberapa barang yang kadang sulit dicari bisa ditemukan di sini.

Posisinya juga berada di pinggir jalan persis. Para wisatawan tak perlu berjalan terlalu jauh untuk melihat-lihat barang yang dijajakan di Pasar Tungging. Praktis sekali bukan?

Bagi wisatawan yang sedang liburan di Banjarmasin dan ingin merasakan nuansa jalan-jalan berbeda di malam hari, mengunjungi Pasar Tungging sangat direkomendasikan. Bagaimana, adakah yang tertarik menyambangi Pasar Tungging ini?

Baca Juga: Kekeringan di NTB tak Pengaruhi Serapan Pupuk Bersubsidi

Baca Juga: Tanggapi Pajak Ekonomi Digital, AFPI Berharap Ada Tarif Khusus

Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner