Sport

Undian Piala Dunia 2022: Spanyol dan Jerman Gabung Satu Grup

apahabar.com, DOHA – Pengundian fase grup putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar telah dilakukan, Sabtu…

Featured-Image
Pengundian fase grup Piala Dunia 2022 menghasilkan sejumlah grup yang menarik. Foto: Marca

bakabar.com, DOHA – Pengundian fase grup putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar telah dilakukan, Sabtu (2/4) dini hari. Hasilnya Spanyol dan Jerman tergabung dalam satu grup.

Pengundian digelar di Doha Exhibition and Convention Center. Acara ini dipandu aktor Idris Elba dan penyiar olahraga kenamaan Reshmin Chowdhury.

Sejumlah mantan pemain dan pelatih kenamaan seperti Marcus Cafu, Lothar Matthaeus, Tim Cahill hingga Ali Daei juga ambil bagian dalam proses undian Piala Dunia 2022.

Sedianya masih terdapat tiga tempat yang diperebutkan 8 negara. Di antaranya diperebutkan Wales, Skotlandia dan Ukraina di playoff Eropa.

Akibat perang di Ukraina, FIFA memundurkan jadwal Skotlandia versus Ukraina menjadi pertengahan Juni 2022. Pemenang partai ini akan menghadapi Wales di final playoff.

Kemudian Kosta Rika dan Selandia Baru dari jalur playoff antarbenua 2, serta Uni Emirat Arab (UEA), Australia dan Peru di playoff antarbenua 1.

Playoff antarbenua 1 diawali pertandingan UEA kontra Australia yang dijadwalkan berlangsung 7 Juni 2022. Negara pemenang akan berjumpa Peru sepekan kemudian.

Namun demikian, drawing tetap digelar untuk menentukan pembagian grup. Hasilnya terdapat dua grup yang layak disebut-sebut sebagai grup neraka.

Salah satunya di grup E, karena mempertemukan Spanyol dan Jerman. Kedua negara yang pernah memenangi Piala Dunia ini akan bersaing dengan Jepang, serta pemenang playoff antarbenua 2.

Grup lain yang menyandang status neraka adalah grup P. Portugal dipastikan mendapat perlawanan sengit dari Ghana, Uruguay dan Korea Selatan yang punya kekuatan merata.

Sementara Belanda, Inggris, Brasil dan Argentina diunggulkan lolos lebih awal ke fase knockout. Belanda, misalnya. Berada di Grup A bersama tuan rumah, Qatar, Ekuador dan Senegal.

Sedangkan Inggris yang memiliki banyak ekspektasi di Piala Dunia 2022, berada di Grup B bersama Iran, Amerika Serikat dan pemenang playoff Eropa.

Adapun pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 mempertemukan Qatar versus Ekuador yang sama-sama datang dari grup A. Partai ini berlangsung 21 November 2022 pukul 20.00 Wita di Al Bayt Stadium.

Berikut hasil lengkap pengundian fase grup Piala Dunia 2022:

Grup A: Qatar, Ekuador, Senegal, Belanda

Grup B: Inggris, Iran, Amerika Serikat, Pemenang Jalur A playoff Eropa (Wales/Skotlandia/Ukraina)

Grup C: Argentina, Arab Saudi, Meksiko, Polandia

Grup D: Prancis, Pemenang playoff antarbenua 1 (Uni Emirat Arab/Australia/Peru) Denmark, Tunisia

Grup E: Spanyol, Pemenang playoff antarbenua 2 (Kosta Rika/Selandia Baru) Jerman, Jepang

Grup F: Belgia, Kanada, Maroko, Kroasia

Grup G: Brasil, Serbia, Swiss, Kamerun

Grup H: Portugal, Ghana, Uruguay, Korea Selatan



Komentar
Banner
Banner