Tak Berkategori

Umat Muslim Kotabaru Laksanakan Salat Gerhana Berjemaah

apahabar.com, KOTABARU – Umat Muslim Kotabaru, Kalimantan Selatan, menggelar salat gerhana di Masjid Agung Husnul Khatimah,…

Featured-Image
Warga Kotabaru mengikuti salat Gerhana Matahari secara berjemaah di Masjid Agung Husnul Khatimah. Foto-apahabar.com/Masduki

bakabar.com, KOTABARU - Umat Muslim Kotabaru, Kalimantan Selatan, menggelar salat gerhana di Masjid Agung Husnul Khatimah, Kamis (26/12).

Sebelum dimulai, pantauanbakabar.com, para jemaah pria dan wanita yang mengikuti salat ini terlihat khusyuk membaca amalan yang dipandu oleh ustaz Suriani.

Selanjutnya, salat sunah gerhana dilaksanakan dua rakaat, dan diakhiri dengan penyampaian khotbah.

KH Bahruddin Abdullah, atau biasa disapa Guru Udin dalam khotbahnya menyampaikan peristiwa gerhana matahari merupakan salah satu tanda kekuasaan dan kebesaran Allah SWT.

“Nah, melalui salat sunah gerhana ini diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan seorang hamba kepada sang pencipta,” ujar Guru Udin yang juga pimpinan Ponpes Raudatul Jannah.

Menurutnya, salat Khusuf atau salat gerhana, sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dilaksanakan. Termasuk di dalamnya berdoa, mengagungkan kebesaran Allah, dan bersedekah untuk sesama.

“Dalam hadis Nabi Muhammad, kita umat muslim ketika terjadi peristiwa gerhana dianjurkan untuk berdoa, salat sunah, mengagungkan Allah, dan bersedekah,” tegas Guru Udin.

Sementara, Kursani, salah satu pegawai Kementerian Agama Kotabaru yang juga ikut serta salat berjamaah mengaku beruntung bisa hadir dan melaksanakan salat ini.

“Alhamdulillah, hari ini kita bisa ikut salat berjemaah. Karena ini merupakan sunah, atau amalan yang dianjurkan oleh Nabi kita Muhammad SAW. Semoga kita semua mendapatkan berkah, dan rahmat Allah SWT,” pungkasnya.

img

Warga Kotabaru mengikuti salat Gerhana Matahari secara berjemaah di Masjid Agung Husnul Khatimah. Foto-bakabar.com/Masduki

Baca Juga: Jelang Gerhana, BMKG: Perkiraan Cuaca Cerah Berawan

Baca Juga: Kalsel Tak Dilewati Gerhana Matahari Cincin, Ini Penjelasan BMKG

Baca Juga:OIF UMSU: Besok Gerhana Matahari Langka

Baca Juga:Kemenag Imbau Umat Muslim Lakukan Salat Gerhana Matahari

Reporter: Ahc20Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner