tanah bumbu

Ukur Tapal Batas Wilayah, Pemdes Hidayah Makmur Tanbu Laksanakan Program Kerja Menuju Desa Definitif

apahabar.com, BATULICIN – Pemerintah Desa (Pemdes) Hidayah Makmur, Kecamatan Simpang Empat mulai melaksanakan program kerja menuju…

Featured-Image
Pemdes Hidayah Makmur bersama desa induk dan bagian pemerintahan Pemkab lakukan pengukuran tapal batas wilayah. Foto-apahabar.com/Syahriadi

bakabar.com, BATULICIN – Pemerintah Desa (Pemdes) Hidayah Makmur, Kecamatan Simpang Empat mulai melaksanakan program kerja menuju desa definitif di Kabupaten Tanah Bumbu.

Desa Hidayah Makmur merupakan desa di Kecamatan Simpang Empat hasil pemekaran dari Desa Barokah sebagai desa induk sebelumnya.

Pjs Kepala Desa Hidayah Makmur, melalui Sekretaris Desa, Rudi Hartono, mengatakan pihaknya akan melaksanakan tiga tahapan yang segera akan dilakukan menuju desa definitif.

Yang pertama yaitu tata kelola kewilayahan meliputi pengukuran dan penetapan tapal batas antar desa dan RT.

“Saat ini kami sedang melakukan penetapan luasan wilayah dengan turun ke lapangan bersama desa induk dan bagian pemerintahan Pemkab Tanah Bumbu untuk melakukan pengukurannya,” ujarnya.

Kemudian tata kelola kependudukan, yakni akan melakukan validasi jumlah dan data pendudukan untuk perubahan data menjelang desa definitif.

“Mengenai data kependudukan kita akan melakukan pemutakhiran setelah tata kelola kewilayahan rampung,” jelasnya.

Selanjutnya tata kelola infrastruktur, pelayanan publik, serta pemerintahan yang meliputi tupoksi aparatur dan perangkat desa.

“Kita akan mengundang para RT, dan ini akan kita lakukan secara bertahap dan secepatnya dilaksanakan, sehingga pemerintahan desa bisa berjalan sesuai dengan amanat Bupati Tanah Bumbu,” pungkas Rudi.

Dari data yang diajukan, sementara Desa Hidayah Makmur akan memiliki 7 rukun tetangga (RT) dengan 1.235 KK atau 4.289 jiwa.



Komentar
Banner
Banner