Religi

UAS Ajak Masyarakat Gunakan Akal Dalam Jalani Kehidupan

apahabar.com, SLEMAN – Ustaz Abdul Somad menekankan, menggunakan akal merupakan satu kewajiban manusia. Apalagi, akal itu…

Featured-Image
Ustaz Abdul Somad di masjid ulilalbab kampus UII Yogyakarta, Sabtu (12/10). Foto – Istimewa

bakabar.com, SLEMAN – Ustaz Abdul Somad menekankan, menggunakan akal merupakan satu kewajiban manusia. Apalagi, akal itu yang menjadikan manusia berbeda dengan mahluk-mahluk ciptaan Allah SWT lain di dunia.

Hal itu disampaikan saat jadi pembicara dalam seminar di Masjid UlilAlbab Universitas Islam Indonesia(UII). Untuk itu, ia mengajak seluruh masyarakat senantiasa menggunakan akal dalam menjalani kehidupan.

“Ada namanya neraka sa’ir, bukan syair puisi ya, ini sa’ir, neraka khusus orang-orang yang tidak mau memakai akal,” kata UAS dalam Seminar Moderasi Islam: Integrasi Islam dan Ilmu Pengetahuan, Sabtu (12/10).

Ia menekankan, penggunaan akal itulah yang menjadi latar belakang munculnya ilmu-ilmu di dunia. Astronomi, misal, muncul ketika akal digunakan untuk mempelajari ilmu-ilmu langit dan isinya.

UAS menilai, lahirnya ilmu-ilmu menjadi bukti begitu besar manfaat ketika akal-akal manusia itu ketika digunakan. Karenanya, tidak cuma terhindar dari api neraka, akal bermanfaat bagi manusia selama hidup.

Tapi, lanjut UAS, ada golongan orang-orang yang terhindari dari apir neraka sa’ir tersebut. Mulai anak-anak yang belum akhir baligh, orang yang mati dalam keadaan tidur dan orang gila.

“Jadi, neraka bukan cuma buat mereka yang tidak shalat, mudah-mudahan kita tidak transit ke neraka tersebut,” ujar Dosen UIN Sultan SyarifKasim (Suska) Riau tersebut.

Baca Juga: Apa Kebahagiaan Itu? Berikut Penjelasannya!

Baca Juga: Khutbah dan Nasihat Terakhir Umar Bin Abdul Aziz untuk Umat

Baca Juga: Beri Kuliah di IAID Martapura, Rektor Al Ahgaff: Islam Harus Unggul

Sumber: Republika.co.id
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner