Perekonomian Kalsel

Triwulan I-2023, BI: Perekonomian Kalsel Tumbuh 5,12 Persen

BI Kalsel mengungkapkan kondisi perekonomian Kalsel pada triwulan I-2023 terus melanjutkan tren pertumbuhan positif sebesar 5,12 persen (yoy).

Featured-Image
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan (BI Kalsel) Wahyu Utomo membuka Bankers Day 2023, di Ufik Minisoccer Banjarmasin. Foto: Humas BI Kalsel

bakabar.com, JAKARTA - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan (BI Kalsel) Wahyu Utomo mengungkapkan kondisi perekonomian Kalsel pada triwulan I-2023 terus melanjutkan tren pertumbuhan positif sebesar 5,12 persen (yoy).

"Dari sisi penawaran, pertumbuhan ekonomi terutama bersumber dari lapangan usaha pertambangan dan penggalian, transportasi dan pergudangan serta industri pengolahan," kata Wahyu Pratomo dalam keterangannya di Banjarmasin, Sabtu (5/9).

Dari sisi permintaan, menurut Wahyu, pertumbuhan ekonomi terutama bersumber dari pengeluaran konsumsi rumah tangga dan pembentukan modal tetap bruto. Selain itu, kebersamaan regulator dengan perbankan merupakan hal yang esensial dalam mendukung pembangunan ekonomi.

“Kondisi ekonomi yang dinamis, disertai berbagai tantangan global yang berat, mengharuskan adanya langkah bersama regulator dan perbankan guna menghadapinya," ujarnya saat membuka kegiatan Bankers Day di Ufik Minisoccer Banjarmasin.

Baca Juga: Proyek Jalan Barambai, Gubernur Kalsel Perintahkan PUPR Tuntaskan

Wujud kekompakan itu, kata Wahyu, dapat berupa penyelenggaraan kegiatan bersama, baik secara formal maupun informal. Karena itu, tujuan Bankers Day adalah untuk mempererat hubungan dan komunikasi antara nggota Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) beserta karyawan di luar aktivitas kedinasan, sehingga dapat meningkatkan soliditas di antara insan perbankan di Kalsel.

“Kegiatan Bankers Day telah diselenggarakan sejak 2014," ungkap Wahyu.

Akibat tingginya antusiasme insan perbankan terhadap kegiatan tersebut, ujar Wahyu, maka Bankers Day diselenggarakan setiap tahun dan telah menjadi ikon BMPD Kalsel.

Sebelumnya, kegiatan Bankers Day sempat rehat selama tiga tahun. Pada tahun 2023 BMPD Kalsel kembali menyelenggarakan Bankers Day yang diikuti oleh 41 anggota BMPD Kalsel dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca Juga: Bank Indonesia dan Bank Sentral Laos Perkuat Kerja Sama Bilateral

Rangkaian Bankers Day menjadi ajang penampilan bakat personel perbankan di bidang seni, olahraga, dan bidang lainnya. Karena itu di tahun 2023, kegiatan yang diselenggarakan sangat beragam, mulai dari mini soccer, tenis meja, badminton, e-Sport FIFA 23, dan mobile legend serta seni gerak dan BMPD Idol.

"Seluruh kegiatan mengikutsertakan para pimpinan bank dan karyawan," ujarnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner