Hot Borneo

Tren Kekinian di Pasar Marabahan Batola, Belanja Via Aplikasi Online

apahabar.com, MARABAHAN – Warga Marabahan yang tak sempat berbelanja ke pasar, sudah dipermudah dengan kehadiran aplikasi…

Featured-Image
Sejumlah pedagang di Pasar Marabahan sudah terinput dalam database platform perdagangan online berbasis web pasar.id. Foto: apahabar.com/Bastian Alkaf

bakabar.com, MARABAHAN – Warga Marabahan yang tak sempat berbelanja ke pasar, sudah dipermudah dengan kehadiran aplikasi pasar.id.

Kehadiran platform perdagangan online berbasis web ini merupakan hasil kerja sama Bank BRI dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopperindag) Barito Kuala.

Melalui aplikasi tersebut, konsumen tinggal mencari toko sesuai kebutuhan, lalu memilih barang-barang yang tersedia di etalase virtual.

“Penerapan aplikasi ini sudah berjalan selama kurang lebih sebulan. Dimulai dari Pasar Marabahan dan direncanakan berlanjut ke pasar-pasar lain di Batola,” papar Kepala UPT Pasar Marabahan, Hj Masrufah, Rabu (1/6).

“Melalui aplikasi pasar.id, pedagang juga dipermudah dalam mempromosikan barang dagangan secara lebih luas lagi,” imbuhnya.

Untuk menggunakan aplikasi itu, konsumen tinggal membuka website pasar.id. Kemudian memilih lokasi pasar yang akan dituju.

Sama seperti marketplace lain, konsumen memilih pedagang dan barang, lalu dimasukkan ke laman keranjang. Transaksi akan dimulai, setelah konsumen mengklik pilihan checkout.

Selanjutnya admin akan mengonfirmasi pesanan. Adapun pembayaran dapat dilakukan lewat transfer, maupun ketika barang sudah diterima atau Cash On Delivery (COD).

Adapun barang langsung dikirim ke alamat pembeli oleh kurir yang difasilitasi oleh UPT Pasar Marabahan.

“Kami berharap masyarakat mulai menggunakan aplikasi tersebut, terutama Aparatur Sipil Negara (ASN) di Marabahan,” harap Masrufah.

Pendaftaran Gratis

Agar masuk database pasar.id, pedagang tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Mereka yang berminat, akan didata oleh petugas dari UPT Pasar Marabahan.

“Pendaftaran gratis dan tanpa syarat. Namun dalam tahap awal, kami menyasar pedagang yang menjadi nasabah BRI. Selanjutnya kami yang akan menginput harga dan barang jualan mereka ke aplikasi,” jelas Masrufah.

Kendati masih perlu disosialisasikan lagi, manfaat pasar.id di Pasar Marabahan mulai dirasakan pedagang.

“Memang belum begitu banyak, tapi beberapa pembeli sudah mulai menggunakan aplikasi tersebut. Mudahan bisa meningkatkan penjualan juga,” papar Icha yang menjaga toko Rizky Kosmetik.

Dari pantauan bakabar.com, sudah 11 pedagang di Pasar Marabahan yang tercata dalam database pasar.id.

Selain Rizky Kosmetik, telah terdaftar Toko Sembako Misna, Toko Rafa, Warung Nasi Kuning Acil Ifat, Rahmawati, Warung Ketupat Mama Jannah, Iyan Telur, Toko Plastik Yanti, Ari Baras, Arif dan Toko Himna.



Komentar
Banner
Banner