Nasional

Tragis, Babinsa Kodim 0402/OKI Tewas Diinjak Gajah Liar

apahabar.com, OKI – Sersan Satu Iskandar, anggota TNI yang juga Babinsa dari Kodim 0402/Ogan Komering Ilir…

Featured-Image
Ilustrasi gajah pygmy atau gajah kerdil Borneo. Foto: Shutterstock

bakabar.com, OKI – Sersan Satu Iskandar, anggota TNI yang juga Babinsa dari Kodim 0402/Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, tewas diinjak seekor gajah liar yang mengamuk

Peristiwa itu terjadi ketika segerombolan gajah liar mengamuk dan memasuki perkebunan hingga masuk ke pemukiman warga Dusun Belanti, Desa Banyu Biru, Kecamatan Air Sugihan, OKI, Rabu (4/3) pagi.

Korban dan rekannya yang sama-sama anggota Babinsa Kodim 0402/OKI menuju lokasi untuk mengamankan situasi. Ketika menyelamatkan dua warga yang terluka korban justru diserang balik oleh gajah liar.

Korban dan rekannya berusaha menyelamatkan diri dengan cara berlari. Sial korban terjatuh dan akhirnya diinjak gajah liar. Warga kompak mengusir gajah dengan alat seadanya. Usaha mereka berhasil sehingga mayat korban dapat dievakuasi ke puskesmas setempat.

Dandim 0402/OKI Letkol Czi Zamroni membenarkan kejadian tersebut. Menurut dia, prajurit itu tewas ketika berusaha menyelamatkan warga dari amukan gajah liar. Jenazah korban akan dibawa ke rumah duka di Banyuasin untuk dimakamkan.

“Sertu Iskandar tewas saat bertugas, dia diserang gajah liar ketika menyelamatkan warga,” ungkap Zamroni dilansir merdeka.com.

Sementara itu, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel Genman Hasibuan memastikan gajah yang mengamuk adalah liar dan kawasan itu masuk dalam jelajahnya. Di kawasan tersebut setidaknya ada 120 ekor gajah liar dan beberapa kali mengamuk hingga masuk ke perkebunan dan pemukiman warga.

“Kejadian ini gajah liar, biasanya sampai 50 ekor berkelompok dan mengamuk,” kata dia.

Menurut dia, tim sudah berada di lokasi untuk menggiring gajah-gajah itu keluar dari pemukiman. Warga diminta tetap waspada jika sewaktu-waktu kejadian itu kembali terulang.

“Segera melapor ke petugas jika ada serangan gajah liar, lindungi diri segera. Kami upayakan gajah-gajah itu kembali masuk ke hutan,” pungkasnya.(Mdk)

Baca Juga: Pesan Ketum MHM: BPD dan BPC Hipmi Bali Jaga Soliditas

Baca Juga: Perjuangan Julie Kalahkan Virus Corona di Tengah Kepanikan Negara

Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner