News

Tradisi Berbagi ‘Duit Hanyar’ Warga Kotabaru di Momen Lebaran

apahabar.com, KOTABARU – Lebaran, membagi uang baru (duit hanyar) kini menjadi tradisi sejumlah orang. Tak terkecuali…

Featured-Image
Abdi, salah satu warga Kotabaru siap berbagi uang baru saat lebaran. Foto-Istimewa

bakabar.com, KOTABARU – Lebaran, membagi uang baru (duit hanyar) kini menjadi tradisi sejumlah orang. Tak terkecuali sejumlah warga di Kotabaru, Kalsel.

Tradisi positif ini dilakukan, selain merayakan hari kemenangan, juga sekaligus sebagai momen berbagi kebahagiaan untuk sesama, utamanya anak-anak.

Salah satu warga Desa Dirgahayu, Pulau Laut Utara, Kotabaru, Maulana, mengaku telah menyiapkan uang baru ratusan ribu untuk dibagikan saat hari lebaran besok.

Uang pecahan yang disiapkan itu mulai Rp2 ribu, Rp5 ribu, Rp10 ribu, Rp20 ribu, hingga uang baru Rp50 ribu.

“Ya, bagi kami ini sudah menjadi tradisi. Khusus untuk keluarga dekat, dan anak-anak yang datang ke rumah pasti kami beri uang baru,” katanya, Minggu (1/5).

Warga lainnya, Adam Mahdi, warga Desa Hilir Muara, Kecamatan Pulau Laut Sigam juga telah menukarkan uang baru ke bank untuk dibagikan.

“Kalau saya, sudah sepuluh hari yang lalu sudah menukarkan uang baru. Yah, inikan momennya satu tahun sekali kita berbagi sedikit rezeki. Semoga berkah,” pungkasnya.

Sementara, akibat ramainya penukaran uang baru di sejumlah bank, masih banyak warga Bumi Sa Ijaan yang mengaku tidak kebagian uang baru itu.



Komentar
Banner
Banner