Tak Berkategori

TPS di Belitung Darat Banjarmasin Ditutup, Ini Alasannya

apahabar.com, BANJARMASIN – Delapan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Kota Banjarmasin ditutup dan dipindahkan. Salah satunya…

Featured-Image
Delapan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Kota Banjarmasin ditutup dan dipindahkan. Salah satunya TPS di jalan Belitung Darat.

bakabar.com, BANJARMASIN – Delapan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Kota Banjarmasin ditutup dan dipindahkan. Salah satunya TPS di jalan Belitung Darat.

Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Marzuki menjelaskan, penutupan salah satu TPS di jalan Belitung Darat dikarenakan tanah yang berada tepat di belakang TPS ingin dipakai si pemilik.

“Kata si pemilik, untuk membangun jembatan yang nantinya menjadi akses menuju tempat kuliner. Jadi, mau tidak mau atau suka tidak suka harus ditutup,” ujarnya.

Marzuki melanjutkan, di kawasan Jalan Belitung Darat itu sedikitnya ada enam TPS. Dengan ditutupnya salah satu TPS, maka kini TPS yang ada hanya menyisakan lima TPS.

“Sebagai ganti TPS yang ditutup itu, penampungannya dipindahkan ke TPS depan Navigasi, di Jalan Belitung Darat. Armada pun juga dialihkan ke sana,” tambahnya.

Di sisi lain, Marzuki menerangkan bahwa pihaknya mengaku kesulitan untuk mencari lahan yang bisa dijadikan TPS. Pasalnya, keberadaan TPS kerap bersinggungan dengan kawasan permukiman warga.

“Ambil contoh, TPS yang ada di kawasan Jalan Belitung Darat. Rata-rata, kami memakai badan jalan. Padahal dalam sehari, ada 12 ton sampah yang diangkut,” ungkapnya.

Marzuki pun menegaskan, saat ini, belum ada lahan yang pas dengan keinginan pihaknya untuk dibeli. Padahal andai ada lahan yang cocok, pembangunan TPS pun bisa dilakukan dengan cepat.

“Ada lahan, tapi terlalu luas. Kami terkendala dana. Kami cukup 300 meter persegi. Seperti di eks Pasar Buah. Di situ, bisa menampung sampah lebih dari 50 ton sehari. Atau yang mampu menampung sampah dari enam sampai delapan TPS sekaligus,” tuturnya.

TPS lainnya yang juga ditutup adalah di Jalan Pramuka dua TPS, Jalan Veteran tiga TPS, Kompleks Malkon Temon satu TPS, Jalan Sungai Andai satu TPS.



Komentar
Banner
Banner