Pemkab HSS

TP PKK HSS Bimtek Keterampilan Anggota di Daha Barat

apahabar.com, KANDANGAN – Meningkatkan keterampilan kader, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Hulu…

Featured-Image
TP PKK Kabupaten HSS melaksanakan Bimtek kader tingkat desa, kelurahan, kecamatan di wilayah Daha Barat. Foto-Istimewa

bakabar.com, KANDANGAN – Meningkatkan keterampilan kader, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar bimbingan teknis atau bimtek di Aula Kecamatan Daha Barat, Selasa (11/10).

Kader PKK kecamatan, kelurahan dan desa diberikan pengetahuan untuk meningkatkan keterampilan dalam pengelolaan administrasi dasa wisma dan pusat informasi keluarga.

Kemudian meningkatkan keterampilan pemanfaatan tanah pekarangan, sehingga halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK serta pembuatan bank sampah.

Wakil Ketua I Srie Astuti Syamsuri Arsyad menyampaikan bahwa selain bimtek, juga terdapat sosialisasi pusat informasi dan konseling keluarga mencakup beberapa masalah.

“Seperti administrasi pusat informasi keluarga, masalah keluarga dan anak,” terang Srie Astuti.

Masalah sosial tak lepas dari perhatian TP PKK Kabupaten HSS, diantaranya putus sekolah, pencegahan kekerasan dalam rumah tangga (PKDRT), maupun masalah lain yang berhubungan dengan lingkungan keluarga.

Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kader-kader PKK, Srie Astuti menjelaskan bisa dimulai dari rumah.

“Pemanfaatan limbah rumah tangga bisa bernilai ekonomis bagi keluarga dengan cara memilah sampah tersebut,” katanya.

Sampah yang telah dipilah diserahkan ke bank sampah, sehingga bagi yang belum memiliki diharapkan segera membentuk bank sampah pada setiap desa.

Senada disampaikan Ketua TP PKK Kab HSS Hj Isnaniah Achmad Fikry, kegiatan sosialisasi diharapkan dapat memberikan nilai positif dalam rangka penguatan keluarga di Bumi Rakat Mufakat.

“Semoga kegiatan ini memberikan hasil yang optimal sebagaimana harapan kita semua,” ucapnya saat membuka Bimtek Kecamatan Kandangan.

Komentar
Banner
Banner