Nasional

Tolak Bala, Ratusan Warga IPDP Tapin Keliling Kampung Lantunkan Ayat Al-Qur'an dan Selawat Burdah

Dalam bentuk berikhtiar menghindari musibah ataupun bencana di Kampung, ratusan warga Kelurahan Rangda Malingkung, Kecamatan Tapin Utara menggelar kegiatan tola

Featured-Image
Ratusan warga Kelurahan Rangda Malingkung, Kabupaten Tapin keliling kampung saat ikuti tolak bala. Foto-apahabar.com/Sandy

bakabar.com, RANTAU - Dalam bentuk berikhtiar menghindari musibah ataupun bencana di Kampung, ratusan warga Kelurahan Rangda Malingkung, Kecamatan Tapin Utara menggelar tolak bala. 

Kegiatan pada Sabtu (2/9) malam digelar warga Ikatan Pemuda Djalan Pelita (IPDP) Kelurahan Rangda Malingkung yang pada khususnya warga RT 04 dan RT 05.

Kegiatan yang diawali dengan salat magrib dan isya berjamaah di Langgar At-Taqwa diimami tuan guru KH Yazid Fahmi.

Setelah salat isya dengan menggunakan empat unit mobil pikap memakai pengeras suara dan ratusan warga lain mengikuti dibelakang berjalan kaki berkeliling kampung sembari membaca burdah dan ayat Al-Qur'an.

Koordinator kegiatan, Akhmad Zarkasi menuturkan bahwa kegiatan yang digelar memang rutin setiap tahun oleh warga IPDP, sebagai bentuk ikhtiar untuk terhindar dari marabahaya.

"Selain itu juga untuk menjalin silaturahmi serta memupuk rasa kebersamaan yang tinggi anggota masyarakat di lingkungan IPDP dan seluruh jiran Langgar At-Taqwa," jelasnya. 

Pembacaan selawat burdah keliling ini diikuti mulai dari orang tua, remaja sampai anak-anak tersebut berjarak kurang lebih 800 meter dengan kurun waktu sekitar satu jam.

"Tujuan kegiatan tolak bala itu tidak lain untuk keselamatan Banua kita, supaya terhindar dari marabahaya ataupun bencana yang tidak kita inginkan," harap Zarkasi.

Sementara Lurah Rangda Malingkung, Muhammad Fauzi mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan yang digelar dan bersyukur kegiatan berjalan dengan tertib dan lancar. 

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini segala penyakit dan bala dijauhkan, kampung kita aman tentram, dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan," bebernya.

Editor


Komentar
Banner
Banner