tanah bumbu

Tok! Anggaran Kesehatan Gratis Usulan Fraksi PDIP, Gerindra, dan PPP Disetujui DPRD Tanbu

apahabar.com, BATULICIN – Usulan anggaran kesehatan gratis untuk tahun 2021 yang dilakukan fraksi PDI Perjuangan, Gerindra,…

Featured-Image
DPRD Tanah Bumbu menggelar rapat paripurna dalam rangka pengambilan keputusan terhadap RAPBD tahun anggaran 2021. Foto-Istimewa.

bakabar.com, BATULICIN – Usulan anggaran kesehatan gratis untuk tahun 2021 yang dilakukan fraksi PDI Perjuangan, Gerindra, dan PPP telah diketuk, Jumat (27/11).

Anggaran sebesar Rp 65 miliar itu disepakati dalam rapat paripurna dalam rangka pengambilan keputusan terhadap RAPBD tahun anggaran 2021 di DPRD Tanah Bumbu.

“Anggaran sebesar Rp 65 miliar tersebut untuk UHC (Universal Health Coverage) mencakup 96 persen dari seluruh warga Tanah Bumbu, selebihnya adalah tanggungan pemerintah pusat melalui JKN,” tutur H Upi sapaan akrab H Supiansyah.

UHC merupakan suatu konsep reformasi pelayanan kesehatan yang mencakup beberapa aspek.

Penerima manfaat pelayanan kesehatan adalah seluruh penduduk, ketersediaan pelayanan mendasar, merata dan mudah, serta cakupan pelayanan kesehatan mulai dari yang pelayanan sederhana hingga pelayanan berbiaya mahal yang mencakup pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Dengan pelayanan kesehatan gratis sistem UHC ini seluruh warga Kabupaten Tanah Bumbu akan memperoleh layanan kesehatan standar gratis di kelas 3.

“Itu kepentingan seluruh warga Kabupaten Tanah Bumbu. Disetujui dan diketok sebesar Rp 65 miliar. Sebelumnya kita melaksanakan rapat dengan pihak Dinas Kesehatan melalui Pokja II yang saya pimpin sebelum diketok di paripurna DPRD,” ungkap Ketua Fraksi PDI Perjuangan, I Wayan Sudarma.



Komentar
Banner
Banner