News

TMMD ke-115 di Tabalong, Bangun Jalan Penghubung Desa Murung Baru-Pamarangan Kanan

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 tahun anggaran 2022 di Kabupaten Tabalong resmi dibuka Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani

Featured-Image
Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, menyerahkan peralatan pendukung kegiatan TMMD kepada perwakilan anggota dan masyarakat. Foto-apahabar.com/Muhammad Al-Amin

bakabar.com, TANJUNG - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 tahun anggaran 2022 di Kabupaten Tabalong resmi dibuka Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dalam upacara yang digelar di lapangan sepak bola Desa Tanta, Tanta, Selasa (11/10) pagi.

Selain sasaran fisik, sasaran fisik tambahan, TMMD ke-115 Kodim 1008/Tabalong ini juga menyasar sasaran non fisik.

Sasaran fisik meliputi, pembangunan badan jalan dan pengerasannya yang  menghubungkan Desa Murung Baru dengan Desa Pamarangan Kanan di Kecamatan Tanta sepanjang 1.020 meter dengan lebar 6 meter.

Di jalan tersebut juga dibangun 1  jembatan box culvert dengan ukuran 3x7 meter, dan pemasangan gorong-gorong di lima titik.

"Sedangkan sasaran fisik tambahan berupa rehab 2 rumah tidak layak huni di Desa Pamarangan Kanan dan Murung Baru, pembuatan closet dan kamar mandi serta pengecatan musala dan pembuatan pos kamling permanen di RT 5 Desa Pamarangan Kanan," kata Dandim 1008/Tabalong, Letkol Czi Catur Witanto.

Kata Catur, untuk sasaran non fisik meliputi penyuluhan bela negara, penyuluhan wawasan kebangsaan oleh Kodim 1008/Tabalong, penyuluhan pertanian, perikanan dan peternakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKP2TPH).

Kemudian, penyuluhan pelayanan kesehatan oleh DP3AP2KB, penyuluhan pendidikan oleh Dinas Pendidikan, penyuluhan hukum dan Kamtibmas oleh Kejari Tabalong dan Polres Tabalong.

Penyuluhan narkoba, penyuluhan bahaya teroris dan paham radikalisme oleh Polres Tabalong, penyuluhan keagamaab oleh Kemenag Tabalong.

Selanjutnya, penyuluhan KB kesehatan dan penyuluhan tentang Covid-19,penyuluhan tentang stunting, serta penyuluhan Posyandu dan Posbindu penyakit tidak menular oleh Dinkes Tabalong dan penyuluhan lingkungan hidup dan kehutanan oleh Dinas Kehutanan Kalsel.

"Ada juga bakti sosial berupa pelayanan KB, pengobatan massal, pasar murah, sembako gratis dan perpustakaan keliling. Tahapan pelaksanaannya dari 11 Oktober sampai 9 November 2022," beber Catur.

Sementara itu, Bupati H Anang Syakhfiani, mengatakan, TMMD ini merupakan wujud dan kerjasama nyata antara Pemkab Tabalong dan TNI. Karena kita sama-sama mengetahui TMMD merupakan suatu kegiatan sekaligus perwujudan manunggalnya TNI dengan rakyat.

"Karenanya Pemkab Tabalong selalu memberikan dukungan kegiatan TMMD ini, dukungan ini tidak saja diberikan Pemkab Tabalong tetapi juga oleh kita semua," jelasnya.

Kata Anang, program TMMD adalah salah satu cara TNI untuk hadir di tengah-tengah masyarakat dengan semangat gotong royong, bahu-membahu membangun infrastruktur dan juga membangun mental masyarakat.

"Melalui TMMD inilah kita secara bertahap namun pasti selalu ingin meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat," ucapnya.

Anang bilang TMMD adalah suatu program terpadu antara TNI, pemerintah daerah dan masyarakat yang bertujuan mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah.

"Harapannya kesejahteraan masyarakat di daerah juga meningkat. Karena secara umum masyarakat kita masih ada yang hidup di bawah garis kemiskinan, khususnya yang tinggal di pedesaan," sebutnya.

Menurut Anang,program TMMD selama ini sudah banyak membantu tugas Pemkab Tabalong dalam rangka meningkatkan percepatan pembangunan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Adanya program TMMD khususnya di Tabalong sudah banyak infrastruktur yang dibangun dan semuanya telah dimanfaatkan oleh masyarakat. Semoga kegiatan ini dapat terus kita  dilaksanakan di Kabupaten Tabalong," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner