Gaya Hidup

Tips Pound Fit untuk Pemula, Olahraga yang Efektif Bakar Lemak!

Jika Anda gemar melakukan olahraga fitnes, mungkin jenis olahraga Pound Fit tidaklah asing bagi Anda.

Featured-Image
Ilustrasi. foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Jika Anda gemar melakukan olahraga fitnes, mungkin jenis olahraga Pound Fit tidaklah asing bagi Anda.

Ya, olahraga ini belakangan memang menjadi sebuah tren di kalangan pecinta fitnes.

Bagaimana tidak, olahraga yang menggabungkan antara fitnes dan seni bermain drum ini dikatakan mampu membakar 500-800 kalori per hari.

Meski terlihat mudah dan menyenangkan, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin melakukan olahraga kardio dengan memanfaatkan stik drum dan musik ini.

Instruktur Pound Fit dan Fitness Influencer, Sistya Windasari membagi 5 tips untuk memulai olahraga pound fit bagi pemula. Simak tipsnya berikut ini.

1. Pemanasan

Sama halnya dengan olahraga lainnya, diperlukan pemanasan yang cukup sebelum melakukan pound fit. Kamu bisa mulai dengan melakukan peregangan secara statis maupun dinamis.

"Regangkan otot paha dan betis, lalu membungkuk ke bawah sambil tangan menyentuh ujung jari kaki. Arahkan kepala ke kanan, kiri, atas dan bawah beberapa kali," jelas Sistya.

2. Bergerak sesuai Kemampuan

Pound fit memang kerap disebut sebagai olahraga yang cocok dilakukan oleh semua usia. Namun, pastikan kamu melakukannya sesuai kemampuan. Tak hanya itu, Sistya juga mengingatkan untuk memastikan tubuh dalam keadaan sehat saat melakukan olahraga yang satu ini.

"Walau pound fit bisa dicoba oleh seluruh usia dan jenis badan, pastikan tubuh dalam keadaan fit mengingat pound fit cenderung menguras lebih banyak tenaga," tambah Sistya.

3. Hindari Pakaian yang Terlalu Ketat

Saat berolahraga, beberapa orang, terutama wanita kerap mengenakan pakaian olahraga yang terlalu ketat. Padahal, pakaian yang ketat justru dapat mempersempit gerakan tubuh.

Untuk itu, sebaiknya gunakan pakaian yang sedikit longgar atau nyaman dipakai untuk melakukan gerakan pound fit.

4. Perhatikan Ketebalan dan Bahan Matras

Selain stik, matras juga menjadi alat olahraga yang digunakan untuk melakukan pound fit. Adapun kegunaannya yakni untuk mengurangi risiko cedera. Namun, Sistya menyebut tak semua jenis matras cocok digunakan untuk olahraga ini.

"Matras yoga dengan ketebalan 6-10mm cocok untuk pemula karena meminimalisasi risiko cedera saat berolahraga. Gunakan matras berbahan TPE karena selain mudah dibersihkan dan ringan, bahan tersebut juga lebih ramah lingkungan," saran Sistya.

5. Ikuti Kelas

Meski olahraga dilakukan untuk menjaga kesehatan, namun bukan berarti olahraga tidak bisa dilakukan secara fun.

Biar lebih seru dan semangat, kamu bisa mengikuti kelas pound fit. Atau ajak teman atau keluarga agar lebih semangat dalam membentuk kebiasaan berolahraga dalam jangka panjang.

Editor


Komentar
Banner
Banner