LIFESTYLE

Tips Menyimpan Daging Kurban, Dijamin Awet 3 Bulan!

Perayaan hari Raya Iduladha menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Momen kebersamaan dan berkumpul bersama keluarga selalu identik dengan p

Featured-Image
Makanan yang tidak perlu dimasukkan kulkas. Foto: Grid. ID

bakabar.com, JAKARTA – Perayaan Hari Raya Iduladha menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Momen kebersamaan dan berkumpul bersama keluarga selalu identik dengan perayaan tersebut.

Di tengah perayaan itu, berkuban hewan seperti sapi dan kambing menjadi ibadah yang dianjurkan. Tidak lupa kurban tersebut kemudian dibagikan kepada mereka yang membutuhkan.

Sering kali daging kurban terlalu banyak untuk sekali masak. Oleh karena itu daging biasanya akan disimpan dalam kulkas, tapi untuk memastikannya tetap awet terdapat sejumlah tips yang dapat dilakukan.

Baca Juga: Tips Mengolah Daging Kurban, Bersih Jadi Poin Utama!

Daging Jangan Dicuci

Hal pertama yang penting untuk dilakukan adlaah pastikan daging segar tidak langsung dicuci. Tujuannya untuk mencegah kuman yang berasal dari air mentah masuk ke dalam daging.

Giling atau Potong Daging 

Kemudian pastikan daging segar disimpan dalam keadaan sudah digiling atau dipotong dalam ukuran sedang atau kecil sesuai dengan rencana masak. Hal itu untuk memudahkan proses mengolah daging yang akan dimasak.

Bagi Porsi Daging Sesuai Kebutuhan

Selanjutnya simpan daging dalam wadah terpisah. Daging yang sudah dipotong atau giling dimasukan ke dalam wadah yang pas untuk satu kali masak.

Misalnya, untuk keluarga kecil yang sekali masak hanya membutuhkan seperempat kilogram daging, maka daging bisa dipotong seukuran tersebut. Sehingga, sekali masak diambil potongan itu.

Baca Juga: Masjid Luar Batang: Jejak 2 Abad Habib Husein Sebarkan Islam

Simpan di Platik Kedap

Setelah disimpan ke dalam wadah pastikan ditutup dengan rapat atau setidaknya masukan daging ke dalam kantong plastik bersih yang kemudian ditutup rapat.

Simpan di Chiller

Sangat dianjurkan untuk memasukan daging ke dalam chiller sebelum dimasukan ke dalam kulkas. Hal ini guna menjaga struktur daging agar tetap stabil dan bahkan bisa lebih empuk.

Chiller sendiri merupakan alat yang biasa digunakan untuk mendinginkan sejumlah bahan makanan tanpa dibekukan. Di dalam kulkas, chiller menjadi tempat yang memiliki suhu rendah kedua setelah freezer.

Oleh karena itu, daging sebaiknya dimasukkan ke chiller. Pastikan chiller memiliki suhu 2 derajat Celcius hingga 5 derajat Celcius, agar proses pendinginan dapat berlangsung rata.

Editor


Komentar
Banner
Banner