Serba-serbi Ramadan

Tips Menahan Hawa Nafsu saat Berpuasa

Berpuasa bukan sekadar menahan lapar dan dahaga. Ada beberapa hal yang juga bisa dilakukan untuk menahan nafsu selama Ramadan

Featured-Image
Ilustrasi. Foto: Tribun.

bakabar.com, JAKARTA – Berpuasa di bulan Ramadan bukan sekadar menahan lapar dan dahaga. Umat Muslim juga diwajibkan menjaga hawa nafsu, baik dari keinginan untuk makan, minum, ataupun berhubungan seksual.

Salah satu cara menahan nafsu adalah menghindari aktivitas tertentu. Semisal, ketika Anda mulai merasa lapar, sebaiknya hindari melihat gambar, video, atau membaca tulisan tentang makanan. Sebab, hal itu justru bisa membuat perut semakin lapar.

Selain itu, ada beberapa hal yang juga bisa dilakukan untuk menahan nafsu selama Ramadan. Merangkum berbagai sumber, berikut ulasannya:

Lakukan Aktivitas Produktif

Cara menahan nafsu yang pertama ialah melakukan aktivitas yang produktif. Lakukan berbagai hal positif sedari bangun sahur sampai berbuka puasa, seperti olahraga ringan, belajar, bekerja, membersihkan kamar, dan sebagainya.

Supaya bisa beraktivitas produktif seharian, jangan tidur terlalu malam di hari sebelumnya. Cobalah untuk tidur jam 9 malam, kemudian bangun di pagi hari ketika sahur.

Berkumpul dengan Komunitas

Bentuk lain dari aktivitas produktif itu bisa berupa berkumpul dengan komunitas. Cara ini dapat mengalihkan diri dari dorongan nafsu dengan berinteraksi, diskusi, sekaligus berbagi kebaikan. 

Berkumpul dengan komunitas itu, contohnya, mengikuti ceramah di masjid, menyiapkan makanan untuk berbagi sahur, dan ikut kajian selama Ramadan.

Buat Target selama Ramadan

Cara mengalihkan hawa nafsu lainnya adalah buat target. Misalnya, membuat jadwal untuk khataman Al-Quran, target mengaji, shalat, atau menabung untuk zakat. Target ini nantinya akan mengalihkan diri dari nafsu, dan berfokus pada tujuan semata.

Konsumsi Makanan Tertentu

Untuk menahan diri dari gairah seksual, dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan tertentu. Asupan itu disebut anafrodisiak, di antaranya kedelai, tanaman hop, selada liar, tumbuhan akar manis, dan chasteberry.

Meditasi sebelum Tidur

Meditasi sebelum tidur juga mampu mencegah nafsu, lebih tepatnya membuat pikiran jernih, rileks, serta tenang. Lakukan meditasi selama beberapa menit sampai pikiran tenang.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menahan diri dari nafsu selama Ramadan. Selamat mencoba!

Editor


Komentar
Banner
Banner