Tips Kecantikan

Tips Memilih Sunscreen untuk Menangkal Suhu Panas di Indonesia

Suhu panas sedang menyelimuti sejumlah wilayah di Indonesia. Cuaca terik tak jarang membuat kulit kering bahkan menimbulkan gejala kerusakan.

Featured-Image
Ilustrasi suhu panas di Indonesia. Foto: Kompas.

bakabar.com, JAKARTA - Suhu panas sedang menyelimuti sejumlah wilayah di Indonesia. Cuaca terik tak jarang membuat kulit kering bahkan menimbulkan gejala kerusakan. Untuk itu diperlukan sunscreen yang tepat agar kulit terlindungi.

Sunscreen atau tabir surya merupakan rangkaian perawatan yang berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sehingga penggunaanya menjadi sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

"Radiasi UV dari matahari menyebabkan kerusakan pada kulit Anda dan dapat menyebabkan kanker kulit. Sekitar 90 persen kanker kulit nonmelanoma dan sebagian besar melanoma, yang bisa jauh lebih serius, berhubungan dengan paparan sinar UV," saran Dr. Katie Beleznay, dari Universitas British Columbia di Vancouver mengutip Forbes, mengutip CNN (24/4).

Selain risiko kanker kulit, paparan sinar UV juga dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit-seperti garis-garis halus, kerutan, bintik-bintik penuaan, dan perubahan warna. Bagaimana tips memilih sunscreen yang benar?

Terutama ketika suhu sedang panas seperti saat ini, penting untuk memakai tabir surya bahkan saat Anda tinggal di dalam ruangan karena diperkirakan hingga 75 persen sinar UVA yang merusak kulit dapat melewati kaca jendela meskipun sebagian besar jendela dapat melindungi dari penetrasi UVB.

Berikut tips memilih sunscreen yang benar:

1. Cari SPF 30 atau lebih tinggi

American Academy of Dermatology(AAD) merekomendasikan untuk membeli tabir surya dengan SPF minimal 30 atau lebih tinggi.Semakin tinggi SPF, semakin baik perlindungan yang ditawarkan terhadap radiasi UVB.

Menurut AAD, sunscreen tahan air biasanya bertahan 40 atau 80 menit setelah itu Anda perlu mengoleskan kembali tabir surya.

2. Jika Anda memiliki kulit kering hingga normal

"Orang dengan kulit kering mungkin ingin memilih tabir surya dengan bahan pelembab seperti asam hialuronat atau gliserin," saran Beleznay.

"Jika Anda memiliki kulit normal, Anda mungkin dapat menggunakan hampir semua tabir surya yang Anda suka. Jadi tergantung pada preferensi pribadi dan apa yang bekerja dengan baik pada kulit Anda," tambahnya.

3. Jika Anda memiliki kulit berminyak atau kombinasi

"Mereka yang memiliki kulit berminyak atau kombinasi harus mencari tabir surya yang diberi label bebas minyak atau nonkomedogenik yang menunjukkan bahwa produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori atau memperburuk jerawat," katanya.

"Biasanya mereka yang memiliki kulit berminyak dapat memilih tabir surya yang ringan dan cepat menyerap dengan lapisan matte karena ini dapat membantu menyerap kelembapan berlebih dan tidak membuat kulit tampak berkilau atau berminyak," tambah ahli perawatan kulit tersebut.

4. Jika Anda memiliki kulit sensitif

Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, Garshick merekomendasikan tabir surya fisik, juga dikenal sebagai pemblokir mineral, yang mengandung seng oksida atau titanium dioksida, karena bahan ini cenderung tidak terlalu mengiritasi dibandingkan filter kimiawi.

"Mereka yang memiliki kulit sensitif juga harus menghindari produk dengan pewangi atau bahan tambahan lain yang mungkin keras atau mengiritasi kulit," sarannya.

Editor


Komentar
Banner
Banner