Tak Berkategori

Tips Keselamatan Berkendaraan Saat Musim Hujan

apahabar.com, BANJARMASIN – Lingkungan menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan. Mulai dari jalan yang berlubang, berlumpur,…

Featured-Image
Selain mengenakan jas hujan, pengendara motor juga harus menjaga keselamatan. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Lingkungan menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan. Mulai dari jalan yang berlubang, berlumpur, berpasir, berkabut, sampai soal cuaca yang saat ini musim hujan.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan selama berkendaraan, PT Trio Motor selaku main Dealer Honda di wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng) mengelar kampanye keselamatan berkendaraan saat musim penghujan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman akan pentingnya berkendaraan bagi konsumen, terutama mengingatkan untuk bertiga dengan baik dan benar. Karena tanpa keselamatan, hal-hal berharga dalam hidup tak dapat kita temukan,” ujar General Manager PT Trio Motor Kalselteng Antonius Silitonga kepada awak media di Premium Lounge PT Trio Motor Jalan Perintis Kemerdekaan, Jumat (1/3/2019).

Adnan Kamal Instruktur Safety Riding Trio Motor menjelaskan saat berkendaraan dalam kondisi hujan, modal utama pengendara adalah jas hujan.

Namun jangan salah memilih jenisnya, karena yang baik digunakan adalah baju dan celana, tidak disarankan memakai jenis ponco.

Menurutnya, berkendaraan saat musim hujan butuh konsentrasi tinggi, terutama soal kondisi medan yang dilalui.

"Selalu mewaspadai genangan air, karena kita tidak mengetahui adanya lubang atau batu di dalam genangan air tersebut yang bisa membuat motor terpeleset dan jatuh saat melintasi," ujar

Lanjutnya, jika menemukan jalan yang dilalui tergenang air, baiknya menghindar. Namun bila terpaksa melewati, maka yang harus dilakukan adalah memastikan kedalaman air tidak melebihi ujung lubang knalpot.

Baca Juga:Kesal Diremehkan Pelayan Toko, Pria Ini Beli dan Gunting Tas Seharga Rp 100 Juta

Saat melintas, pengendara harus bisa menjaga ritme kecepatan dengan konstan, khusus untuk motor jenis sport atau bebek lebih baik gunakan gigi rendah.

Jaga jarak antar sesama pengendara juga wajib diperhatikan agar motor tidak terhenti di tengah genangan air dan tidak menurunkan putaran gas selama melewati genangan air.

"Tidak disarankan untuk memaksakan melewati genangan air yang lebih tinggi dari ujung lubang knalpot, dan jangan melewati genangan air dengan kecepatan tinggi. Lebih baik cari jalur atau jalan lain yang tidak tergenang air hujan," ucapnya

Selain memberikan edukasi keselamatan berkendara, PT Trio Motor juga menyampaikan percapaian target penjualan yang ditargetkan sebanyak 150.000 unit pada tahun 2019 ini.

Baca Juga: Viral, Fotografer Muda di Sumsel Ini Jadikan Jalan Rusak Sebagai Obyek Foto Model

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner