Gaya Hidup

Tips Cara Menjaga Keuangan Menjelang Tahun Baru

Memastikan bahwa kamu memiliki kualitas keuangan yang stabil dan maksimal di masa depan adalah hal yang baik

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN - Memastikan bahwa kamu memiliki kualitas keuangan yang stabil dan maksimal di masa depan adalah hal yang baik.

Untuk itu, kamu perlu lebih bijak dalam mengelola keuangan. Kamu juga harus memiliki rencana keuangan masa depan yang lebih baik dan terpikirkan secara matang.

Kita tak pernah tahu hal apa saja yang akan dialami di masa depan. Akan kah hal tersebut bisa meningkatkan keuangan kita, atau justru sebaliknya. Agar kita memiliki keuangan yang stabil apapun kondisinya, ada beberapa cara yang perlu dilakukan.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengelola dan menjaga keuangan menjelang tahun baru, dilansir Fimela Senin (26/12).

1. Prioritaskan Kebutuhan

Pastikan untuk belanja barang-barang yang memang sedang kita butuhkan. Bukan barang yang kita inginkan.

Prioritaskan kebutuhan pokok dan terpenting yang lebih dulu. Ini akan membantu kita lebih bijak dalam menjaga keuangan.

Jangan karena gengsi, kamu menghabiskan banyak uang tanpa kegunaan yang jelas. Hiduplah sesuai kemampuan, bukan kemauan.

2. Menabung

Pastikan untuk menabung seberapapun kamu bisa. Besar atau sedikit uang yang ditabung, kamu harus menyisihkan uang tersebut.

Menyisihkan uang untuk tabungan akan membantu keuanganmu lebih stabil. Saat kamu membutuhkan dana dadakan, kamu masih ada tabungan yang akan menyelamatkanmu.

3. Cari Tambahan Pemasukan

Bila memungkinkan, carilah tambahan pemasukan. Mengandalkan pemasukan dari satu sumber akan membuatmu cukup kesulitan mengelola keuangan yang ada.

Apalagi jika satu sumber itu untuk mencukupi segala kebutuhan bersama keluarga lainnya. Meski sedikit, usahakan untuk mencari sumber dana tambahan lain. Misal dengan berdagang, melakukan pekerjaan freelance atau sejenisnya.

4. Hindari Berhutang

Sebisa mungkin, hindari yang namanya hutang. Apalagi jika ada bunga yang harus kamu bayar setiap bulannya.

Berhutang hanya akan menambah beban keuanganmu. Pastikan untuk menghindari hutang apalagi jika berhutang itu dilakukan untuk kebutuhan yang tidak mendesak.

5. Investasi

Menabung bisa juga dilakukan dengan investasi. Jika pendapatanmu tak terlalu banyak, kamu bisa melakukan investasi untuk hal-hal yang cukup ringan.

Misal investasi dalam bentuk emas. Setiap tahunnya, emas akan mengalami kenaikan harga. Ini bisa kamu manfaatkan.

Editor
Komentar
Banner
Banner