DPRD Palangka Raya

Tingkatkan Ekonomi, Ketua DPRD Palangka Raya Ajak Warga Melek Teknologi

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalteng, Sigit K Yunianto mengajak warga di daerah setempat untuk melek teknologi informasi

Featured-Image
Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalteng, Sigit K Yunianto.Foto-Antara/Adi Wibowo

bakabar.com, PALANGKA RAYA - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalteng, Sigit K Yunianto mengajak warga di daerah setempat untuk melek teknologi informasi dan memanfaatkannya untuk meningkatkan perekonomian rumah tangga.

"Gadget seperti telepon genggam atau smartphone, saat ini menjadi kebutuhan masyarakat, harus benar-benar diarahkan ke hal yang positif agar bisa dimanfaatkan membantu peningkatan perekonomian masyarakat," katanya Sigit di Palangka Raya seperti dilansir Antara, Sabtu (20/5/2023).

Orang nomor satu di lingkup DPRD Palangka Raya itu menuturkan, dengan memanfaatkan teknologi informasi maka masyarakat memiliki peluang besar untuk bisa memasarkan hasil kreativitas dan produk-produk sebagai penghasilan untuk memperkuat ekonomi mereka.

"Sebenarnya banyak yang bisa kita lakukan melalui smartphone, misal belajar berwirausaha atau belajar mengolah sesuatu yang bisa kita jadikan peluang usaha, atau mempromosikan potensi desa untuk menarik investor," ucapnya.

Sigit yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi DPRD seluruh Indonesia (ADEKSI) tersebut juga mendorong agar pemerintah setempat, untuk melakukan edukasi kepada masyarakat, khususnya di pedesaan untuk benar-benar memanfaatkan gawai yang dimiliki untuk meningkatkan ekonomi mereka.

"Dengan melakukan edukasi ke pelosok, begitu masyarakat bisa melek IT (teknologi informasi), diharapkan masyarakat bisa mengembangkan potensi yang dimiliki untuk menciptakan dan meningkatkan ekonominya," bebernya.

Ketua DPRD Palangka Raya yang hobi olahraga motor gede (moge) tersebut menambahkan, semua upaya pemerintah dalam melakukan edukasi agar masyarakat melek teknologi informasi, harus diiringi dengan pembangunan infrastruktur pendukung untuk bisa mempermudah masyarakat dalam memanfaatkan teknologi informasi sampai di pedesaan.

"Ya harus didukung dengan pembangunan infrastruktur juga, kalau kita hanya bisa memberikan edukasi tapi tidak didukung infrastruktur yang memadai, tentu tidak ada hasil," tambah Sigit.

Lanjut Sigit, infrastruktur yang dia maksud di antaranya pembangunan pemancar sinyal dengan bekerjasama dengan perusahaan seluler agar lebih dimaksimalkan. Selain itu, pemasangan internet atau WiFi subsidi di beberapa daerah pelosok.

"Melek IT selain bisa membantu kreativitas, perekonomian, juga bisa menambah wawasan kita tentang apa yang ada di luar sana," tandas Sigit.

Editor


Komentar
Banner
Banner