Hot Borneo

Tingkatkan Daya Saing Produk UMKM, Pemprov Kalsel segera Bangun Rumah Kemasan

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kalsel akan segera membangun rumah kemasan tahun ini.

Featured-Image
Ilustrasi produk UMKM Kalsel. Foto-dok. apahabar.com

bakabar.com, BANJARBARU - Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kalsel akan segera membangun rumah kemasan tahun ini.

Rencana pembangunan rumah kemasan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk-produk UMKM yang ada di Banua.

Rumah kemasan adalah inovasi untuk membantu masyarakat terutama pelaku UMKM dalam mengemas produknya agar terlihat lebih menarik dan dapat meningkatkan harga jual.

"Terutama dalam menumbuhkembangkan perekonomian di masa pandemi," papar Kepala Dinas UKM Kalsel, Gusti YN Rifai, Senin (16/1).

Gusti mengatakan, dalam pembangunan rumah kemasan ini, pihaknya bersama komisi II DPRD Kalsel, dan Perwakilan Bank Kalsel telah melakukan studi komparasi ke UPTD Industri Olahan Pangan dan Kemasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat.

Studi tersebut diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan terkait tata cara pengelolaan rumah kemasan untuk meningkatkan mutu produksi UMKM di Banua.

Rumah kemasan sendiri rencananya dibangun di kawasan Balai Pelatihan Koperasi Kalsel, Jalan Ahmad Yani, kilometer 18 Banjarbaru.

Diharapkan, rumah kemasan ini sudah terealisasi di akhir tahun ini. Menurutnya, rumah kemasan sangat membantu dalam rangka perbaikan pengepakan dan sebagainya untuk UMKM yang ada di Kalsel.

"Semoga di akhir tahun 2023 kita sudah memiliki rumah kemasan," harapnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner