Sport

Tingkat Kematian Covid-19 Tinggi, Brasil Jadi Tuan Rumah Copa America 2021

apahabar.com, JAKARTA – Tinggal menghitung hari, Copa America 2021 memiliki tuan rumah baru, setelah Federasi Sepakbola…

Featured-Image
Brasil sebagai juara bertahan Copa America, dipercaya Conmebol menjadi tuan rumah edisi 2021. Foto: Goal

bakabar.com, JAKARTA – Tinggal menghitung hari, Copa America 2021 memiliki tuan rumah baru, setelah Federasi Sepakbola Amerika Selatan (Conmebol) menunjuk Brasil.

Dijadwalkan dimulai 14 Juni dan berakhir 7 Juli, penyelenggaraan Copa America 2021 di Argentina dan Kolombia sempat menjadi tanda tanya.

Diawali dengan dengan pembatalan Kolombia sebagai tuan rumah per 21 Mei 2021, seiring protes antipemerintah di negara tersebut.

Kondisi tersebut membuat Conmebol menunjuk Argentina sebagai tuan rumah tunggal. Namun putusan ini juga bersifat prematur.

Tepat di akhir Mei 2021, Conmebol mencabut jatah tuan rumah Argentina dengan alasan peningkatan kasus konfirmasi Covid-19.

Dalam situasi yang tidak pasti, akhirnya Conmebol memastikan Brasil menjadi tuan rumah baru Copa America 2021.

“Brasil resmi menjadi tuan rumah Copa Amerika 2021,” demikian keterangan Conmebol seperti dilansir CNN, Selasa (1/6).

“Kami berterimakasih secara khusus kepada Presiden Rogerio Caboclo dan Federasi Sepakbola Brasil (CBF),” lanjut keterangan tersebut.

Meski demikian, penunjukan Brasil menuai kritik sejumlah politisi dari mantan Menteri Kesehatan hingga mantan wakil federal.

Kritikan tersebut disebabkan Brasil memiliki lebih banyak kasus dan kematian Covid-19 daripada Argentina.

Menukil data repository dari Center for Systems Science and Engineering (CSSE), kasus konfirmasi di Brasil mencapai 16,5 juta pasien.

Sedangkan pasien yang berhasil disembuhkan berjumlah 14,5 juta orang dan meninggal dunia 462 ribu orang.

Sementara di Argentina, kasus Covid-19 berjumlah 3,75 juta orang. Kemudian sembuh 3,32 juta orang dan meninggal dunia 77.456 orang.

“Keputusan itu hanya akan memperluas pandemi,” sahut Luiz Henrique Mandetta, mantan deputi federal.

“Brasil sedang mengalami peningkatan kasus COVID-19 yang tinggi. Namun sekarang Brasil harus menjadi tuan rumah Copa America,” tandasnya.

Copa America sedianya digelar 12 Juni hingga 12 Juli 2020. Namun kemudian diundur akibat pandemi Covid-19. Australia dan Qatar yang berstatus peserta undangan, juga langsung mengundurkan diri.

Meski telah dijadwal ulang, Australia dan Qatar tetap membatalkan partisipasi. Dengan demikian, Copa America 2021 hanya diikuti 10 negara.

Brasil sebagai juara bertahan, tergabung di Grup B bersama Kolombia, Peru, Ekuador, dan Venezuela. Sedangkan Argentina, Uruguay, Chili, Paraguay dan Bolivia berada di Grup A.

Pertandingan pertama di Grup A mempertemukan Argentina dengan Chile. Sedangkan di Grup B, Brasil menghadapi Venezuela.



Komentar
Banner
Banner