kapal tenggelam

Tim SAR Selamatkan 22 Korban KM Rukun Jaya yang Tenggelam di Laut Jawa

KM Rukun Jaya tenggelam di kawasan Laut Jawa. Badan SAR Nasional (Basarnas) lakukan misi penyelamatan.

Featured-Image
Ilustrasi kapal tenggelam. Foto-Istimewa

bakabar.com, JAKARTA - KM Rukun Jaya tenggelam di kawasan Laut Jawa, pada Rabu (25/1) kemarin. Puluhan penumpang yang berlayar bersama ikut mengambang di tengah lautan.

Badan SAR Nasional (Basarnas) langsung merespon dengan memberangkatkan petugas melakukan pencarian dari Dermaga 100 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara menuju ke perairan Laut Jawa, Jumat (27/1) sore.

Personel Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jakarta menggunakan KN SAR Ganesha-105, menuju lokasi pencarian. Selain itu pencarian juga dilakukan menggunakan Helikopter.

"Kami menerima informasi kemarin sore sampai hari ini telah menggerakan Helikopter HR-6304 dari Lanud Atang Sanjaya Bogor," kata Kepala Kantor SAR Jakarta Fazzli di Pelabuhan Tanjung Priok, Jum'at (27/1)

Baca Juga: Cegah Truk Tercebur ke Laut, Kemenhub Larang Kendaraan ODOL Masuk ke Kapal

Fazzli menjelaskan bahwa titik pencarian berada di Laut Jawa antara perairan Bangka Belitung dan perairan Teluk Jakarta dengan jarak sekitar 100 nautical miles.

Adapun fokus operasi SAR ini adalah pencarian terhadap enam korban yang belum ditemukan usai tenggelamnya KM Rukun Jaya.

"Ini untuk melaksanakan pendeteksian atau pencarian di wilayah yang dicurigai. Helikopter berhasil menemukan KM Rukun Jaya yang berada di lokasi dengan kondisi posisi terbalik," ucapnya.

Baca Juga: 12 ABK Indonesia Hilang, Usai Kapal Kargo Vietnam Dinyatakan Karam

KN SAR Ganesha membawa 10 penyelam untuk mencari korban di dalam air.

Sebelumnya, KM Rukun Jaya yang membawa 28 anak buah berangkat dari Brebes, Jawa Tengah untuk mencari ikan di perairan Laut Jawa. Pada Rabu (25/1/2023) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB, kapal dihantam ombak besar sehingga terbalik di tengah laut.

Dari total 28 orang di dalam kapal, 22 di antaranya berhasil menyelamatkan diri dan ditolong kapal nelayan lainnya yang melintas di lokasi. 22 orang yang selamat kemudian diantarkan kembali ke Brebes dengan kapal nelayan tersebut.

Di sisi lain, enam orang lainnya diduga masih terjebak di bawah kapal yang tenggelam dalam posisi terbalik. Dan masih dalam pencarian.

Editor


Komentar
Banner
Banner