Hot Borneo

Tim SAR Gabungan Ungkap Kronologi Penemuan Korban Tenggelam di Sungai Tapin

Setelah dua hari pencarian, tim SAR gabungan mengungkap kronologi ditemukannya korban tenggelam di Sungai Tapin. 

Featured-Image
Relawan Tapin Gabungan saat evakuasi korban tenggelam di Sungai Tapin. Foto-Relawan Tapin

bakabar.com, RANTAU - Setelah dua hari pencarian, tim SAR gabungan mengungkap kronologi ditemukannya korban tenggelam di Sungai Tapin. 

Korban diketahui bernama Darsyah (55), warga Desa Bungur Baru, Kecamatan Bungur, Kabupaten Tapin. 

Koordinator Lapangan, Duwi Agustono mengatakan, tim SAR gabungan menemukan korban pada hari kedua pencarian. Korban ditemukan sudah dalam kondisi meninggal.

Tim SAR (Search and Rescue Unit) gabungan menemukan korban pada jarak sekitar 200 meter dari lokasi kejadian sekitar pukul 11.58 WITA, dalam posisi mengapung di sungai.

"Setelah dievakuasi dari lokasi penemuan, korban diserahkan kepada pihak keluarga di rumah duka," jelas Agus.

Sebelumnya dalam upaya pencarian korban, tim SAR gabungan telah mengerahkan dua SRU air untuk menyisir aliran sungai Tapin kurang lebih 2 KM ke arah hilir dari titik LKP dengan menggunakan perahu karet.

SRU air pertama, melakukan pencarian dari lokasi kejadian dilanjutkan menuju ke titik A di koordinat 2° 57' 37.37" S 115° 9' 2.23" E. SRU air 2 melanjutkan pencarian menuju ke titik B di koordinat 2° 58' 1.76" S 115° 9' 13.11" E.

Tim SAR gabungan juga mengerahkan personel untuk melakukan pengamatan di darat dan menyebarluaskan informasi kejadian hanyutnya korban kepada warga sekitar.

"Penyebarluasan informasi ini diharapkan dapat mengoptimalkan upaya pencarian korban. Jika ada warga yang melihat korban, maka diharapkan untuk melaporkannya kepada petuga SAR gabungan," kata Agus

Dengan sinergitas yang solid dari Tim SAR Gabungan terdiri dari anggota Basarnas, Polsek, Koramil, BPBD, Damkar, Tagana, Tim Rescue Tapin (TRT), BPK Raha, BPK HSS, Baling-Baling Rescue, Al Husna, PMI, masyarakat sekitar serta keluarga korban akhirnya membuahkan hasil.

Kepala Kantor Basarnas Banjarmasin, Al Amrad mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh unsur yang terlibat dalam pencarian.

"Terimakasih banyak kepada seluruh unsur SAR yang terlibat dan semoga kita selalu kompak dan solid untuk kemanusiaan," ujarnya.

Sementara, Latif, relawan Bungur Baru mewakili keluarga korban juga mengucapkan terimakasih atas bantuan seluruh relawan.

"Terimakasih yang tak terhingga atas bantuan rekan-rekan relawan dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan seluruh relawan se-kabupaten Tapin yang yang telah membantu kami dalam giat pencarian di desa kami," ucapnya.

"Kami juga memohon maaf pada rekan-rekan yang mana pasti banyak kekurangan kami dalam menyambut dan melayani rekan-rekan sekalian," tutup Latif mewakili warga Desa Bungur Baru.

Editor


Komentar
Banner
Banner