Peristiwa & Hukum

Tim SAR Gabungan Berhasil Temukan Korban Tenggelam di Sungai Amandit HSS

Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan korban tenggelam di Sungai Amandit Desa Lungau RT 1 RK 1 Kecamatan Kandangan Hulu Sungai Selatan (HSS).

Featured-Image
Tim SAR gabungan melakukan evakuasi terhadap korban tenggelam di Sungai Amandit Desa Lungau RT 1 RK 1 Kecamatan Kandangan HSS. Foto-Basarnas Unit Siaga SAR Tabalong

bakabar.com, KANDANGAN - Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan korban tenggelam di Sungai Amandit, Desa Lungau RT 1 RK 1, Kecamatan Kandangan, Hulu Sungai Selatan (HSS), Sabtu (23/04) siang.

Korban tenggelam merupakan perempuan atas nama Herlinawati (35). Ia diduga tenggelam saat sedang mencuci pakaian di sungai yang jaraknya sekitar 200 meter dari rumahnya pada Jumat (22/04) pagi.

Basarnas Unit Siaga SAR Tabalong OSC, Deni Arizal menjelaskan bahwa korban tenggelam telah ditemukan tim gabungan pada hari pencarian ke dua sekitar pukul 11.25 WITA tak jauh dari tempat kejadian.

"Posisi korban diperkiraan tersangkut di batang pohon yang roboh di sungai. Kemudian Tim SAR gabungan memotong bagian batang pohon tersebut," kata Deni Arizal.

Setelah batang pohon terpotong, tidak lama berselang korban langsung terlihat dan jasadnya terbawa arus sungai sekitar 100 meter.

"Akhirnya jasad korban tenggelam berhasil dievakuasi oleh Tim SAR gabungan," terangnya.

Jasad Herlinawati selanjutnya langsung di evakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brigjend H Hasan Basry Kandangan.

Deni Arizal menjelaskan, hari kedua pencarian ditandai dengan briefing pagi bersama seluruh Tim SAR gabungan dilanjutkan penyisiran pukul 07.30 WITA.

"Karena sudah ditemukan, operasi SAR dinyatakan ditutup dan personel yang ikut melakukan pencarian dikembalikan ke kesatuan masing-masing," ucapnya.

Deni Arizal juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh Tim SAR gabungan yang terlibat dalam proses pencarian korban tenggelam.

Pasalnya, pencarian dilakukan sudah sejak Jumat (23/04) kemarin, Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Unit Siaga SAR Tabalong, Damkar, BPBD, TNI dan Polri, PMI, Kerukunan BPK HSS serta relawan dari luar daerah ikut membantu.

Amandit Rescue, Bayu menyampaikan bahwa dia datang bersama dengan enam anggota untuk melakukan pencarian korban tenggelam di Sungai Amandit Desa Lungau.

"Kami ikut menyisir sungai menggunakan perahu bersama Basarnas Unit Siaga SAR Tabalong," ujarnya.

Pihaknya bersyukur, korban tenggelam di Sungai Amandit Desa Lungau atas nama Herlinawati sudah berhasil ditemukan.

"Alhamdulillah sudah dievakuasi tadi siang sekitar pukul 11.25 WITA. Korban dibawa ke RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan," pungkasnya.

Baca Juga: Pengakuan Suami Sebelum Istrinya Diduga Tenggelam di Sungai Amandit HSS

Editor
Komentar
Banner
Banner