Tak Berkategori

THR Cair, Ramai-Ramai Tebus Gadaian di Banjarbaru

apahabar.com BANJARBARU – Tebus gadai atau pelunasan menjelang lebaran menjadi tren masyarakat kalsel. Umumnya nasabah menebus…

Featured-Image
Ilustrasi suasana di kantor pegadaian. Foto-Istimewa

bakabar.com BANJARBARU - Tebus gadai atau pelunasan menjelang lebaran menjadi tren masyarakat kalsel. Umumnya nasabah menebus perhiasan mereka untuk perayaan lebaran.

Nasabah Bank Mandiri Syariah, misalnya, yang menggadaikan emas pada bulan biasa mencapai 50 persen. Berbanding terbalik menjelang lebaran banyak nasabah yang melakukan pelunasan gadai emas

Bank Mandiri Syariah mencatat untuk tebus gadai mencapai angka 40 persen di bulan Ramadan. Sedangkan untuk gadai emas ada di angka 10 persen. Turun dari yang tadinya di bulan biasa 50 persen,

“Bulan biasa transaksi kita 50 persen yang gadai dan 10 persen pelunasan tetapi untuk Ramadan ini 40 persen pelunasan dan 10 persen gadai” ujar Area Micro & Pawning Manager Bank Mandiri Syariah, Denny Ramadhan kepada bakabar.com di Banjarbaru, Kamis (30/5).

Menurutnya peningkatan aktifitas tebus gadai itu umumnya dilakukan oleh nasabah yang jatuh tempo. Terlebih, masa libur lebaran yang panjang sehingga rata-rata nasabah dihubungi untuk memperpanjang atau melunasi gadainya.

“Terutama yang akan jatuh tempo pada saat libur panjang,” tuturnya.

Selain tebus gadai, ada pula investasi emas yang mengalami penambahan 5 persen dari bulan sebelumnya 20 persen, menjadi 25 persen saat bulan suci ini.

“Untuk menabung emas terjadi peningkatan aktifitas juga terutama pada saat awal bulan gajihan masyarakat dan saat pembagian THR masyarakat tadi, menyisihkan rejeki mereka buat investasi emas batangan, untuk bulan ini investasi emas mencapai 25 persen sedangkan bulan biasa 20 persen” jelas Denny.

Sementara itu, hal serupa juga terjadi di Pegadaian Syariah, di mana nasabah mereka banyak melakukan tebus gadai menjelang lebaran ini.

"Siklus biasanya mereka (nasabah) menjelang lebaran itu menebus emas yang di gadaikannya," ujar Aditya Fitrianto, staf Penaksir Pegadaian Syariah.

Menurutnya, pegadaian emas akan ramai kembali setelah lebaran. Para nasabah akan kembali datang menggadaikan emasnya.

Baca Juga: Tak Bayar THR, Dua Perusahaan di Kalsel Dilaporkan !

Baca Juga: Lebaran Sebentar Lagi, Pemkot Banjarmasin Kebanjiran Aduan THR

Baca Juga: Demonstrasi Ricuh, Pedagang Emas Grogol Waspada

Baca Juga: Jelang Lebaran, Nasabah Pegadaian Tebus Emas Mereka

Baca Juga: Prospek Investasi Emas, Pegadaian Syariah Martapura Naikkan Target

Baca Juga: Jelang Lebaran, Nasabah di Martapura Lebih Banyak Tebus Emas

Reporter: AHC06
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner