Kesehatan Tubuh

Ternyata Mandi Hujan Tak Menyebabkan Flu, Berikut Penjelasannya

Seringkali kita merasa sakit seperti flu dan masuk angin setelah terkena hujan. Namun apakah benar basah kuyup saat hujan bisa membuat sakit?

Featured-Image
Tubuh yang kedinginan karena hujan mudah tertular virus, termasuk virus influenza. Foto: Pixabay

bakabar.com, JAKARTA – Seringkali kita merasa sakit seperti flu dan masuk angin setelah terkena hujan. Namun apakah benar basah kuyup saat hujan bisa membuat sakit?

Ketika tubuh terkena hujan dengan waktu yang lama, maka tubuh akan merasa kedinginan sehingga menurunkan efektivitas sistem kekebalan tubuh.

Kekebalan tubuh yang menurun akan lebih mudah tertular virus seperti influenza. Jadi, influenza atau flu terjadi karena tubuh terpapar virus, bukan karena hujan.

Hasil penelitian pada tahun 2022 yang oleh Healthline, menunjukkan bahwa ketika badan kedinginan maka dapat menurunkan suhu tubuh. Penurunan suhu tubuh berdampak negatif pada sistem kekebalan sehingga memungkinkan tertular virus.

Virus dapat ditularkan melalui udara dan kontak fisik yang dekat. Ada lebih dari 200 virus yang menyebabkan flu.

Baca Juga: Tips Pound Fit untuk Pemula, Olahraga yang Efektif Bakar Lemak!

“Pada dasarnya, kedinginan menyebabkan pembuluh darah hidung menyempit, yang kemudian mencegah sel darah putih mencapai selaput lendir yang membantu melawan kuman,” ucap Farah Khan, dikutip dari Healthline, Minggu (26/11).

Terjadi kesalahpahaman bahwa hujan menyebabkan penyakit, seseorang bisa sakit apabila kedinginan pada waktu yang lama.

Tips tetap sehat meski berada di musim hujan adalah memastikan tubuh tetap hangat dan kering agar terhindar dari penyakit.

sakit flu
Ilustrasi flu. Foto: interstid/istock photo

Apabila harus keluar di saat hujan, kenakan jas hujan atau jaket tahan air untuk menjaga tubuh tetap kering.

Gunakan penutup kepala seperti topi atau tudung tahan air untuk mencegah hujan mengenai kepala. Meskipun rambut basah tidak membuat sakit, namun bisa merasa kedinginan.

Selain itu terdapat beberapa cara untuk menurunkan kemungkinan terkena flu, yaitu sering mencuci tangan dengan sabun, menahan diri untuk tidak berbagi makanan, minuman, dan barang-barang lainnya, menghindari sentuhan yang tidak perlu, konsumsi makanan yang sehat dan olahraga secara teratur, dan pastikan selalu memiliki waktu tidur yang cukup

Cuaca yang lembab dan basah karena hujan dapat menurunkan suhu tubuh dan respon imun, karena membuat tubuh jadi dingin dan basah. Hujan tidak menyebarkan virus, tapi kondisi tubuh yang kedinginan dan basah rentan tertular virus, termasuk influenza.

Editor


Komentar
Banner
Banner