Hot Borneo

Termasuk Waka, Sejumlah Perwira Polres Tabalong Bergeser

Sejumlah perwira di lingkungan Polres Tabalong bergeser, Selasa (29/11). Di antaranya Wakapolres Kompol Reza Bramantya.

Featured-Image
Disaksikan Kapolres AKBP Riza Muttaqin, Kompol Susilo menandatangani berita acara serah terima jabatan sebagai Wakapolres Tabalong. Foto: apahabar.com/Muhammad Al-Amin

bakabar.com, TANJUNG - Sejumlah perwira di lingkungan Polres Tabalong bergeser, Selasa (29/11). Di antaranya Wakapolres Kompol Reza Bramantya.

Dalam upacara serah terima jabatan yang dipimpin Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin, Reza Bramantya diketahui menduduki jabatan baru di Polda Kalimantan Selatan sebagai Kanit 2 Subdit 3 Ditreskrimum.

Jabatan yang ditinggalkan Reza diisi Kompol Susilo, sebelumnya menjabat Kanit 4 Subdit 4 Ditreskrimsus Polda Kalsel. 

Polres Tabalong bukan lingkungan baru untuk Susilo. Beberapa tahun sebelumnya, Susilo pernah menjabat sebagai Kasat Reskrim.

Rotasi juga terjadi di satuan lain. Salah satunya Kasat Binmas yang sebelumnya dijabat  AKP Cahyo Pramono, sekarang dijabat AKP Samsu Suargana.

Suargana sebelumnya merupakan Kapolsek Murung Pudak. Sedangkan selanjutnya Cahyo dipercaya menjabat Kabag Logistik Polres Tabalong.

Adapun Kapolsek Murung Pudak ditempati Iptu Suwito yang sebelumnya menjadi Kapolsek Muara Uya. Sedangkan Kapolsek Muara Uya dijabat Iptu A Misno, sebelumnya Kasiwas Polres Tabalong.

Sementara jabatan Kasiwas diamanahkan kepada Iptu Sunaryo yang sebelumnya menjabat KBO Satuan Samapta Polres Tabalong.

Kapolres AKBP Riza Muttaqin menyebut pergeseran merupakan hal biasa terjadi di tubuh kepolisian. Namun pesan khusus diberikan kepada Susilo yang kembali ke Tabalong sebagai Wakapolres.

"Jabatan Wakapolres tentu berbeda dengan Kasat. Namun demikian, pejabat baru sudah mengetahui dinamika yang berkembang, sehingga dapat memotivasi personel-personel di dalam," jelas Riza.

"Saya juga berharap pejabat baru dapat berperan dalam peningkatan SDM personel, sarana prasarana, penyerapan anggaran, termasuk metode yang akan digunakan dalam menjaga situasi Kamtibmas di Tabalong," imbuhnya.

Di sisi lain, kegiatan preemtif juga diharapkan mampu dijalankan AKP Samsu Suargana sebagai Kasat Binmas.

"Minimal bisa mempertahankan capaian pejabat sebelumnya. Tentu akan lebih baik kalau bisa meningkatkan aspek-aspek yang terkait program Presisi Kapolri," beber Riza.

Uniknya beberapa pejabat Kapolsek baru, pernah bertugas di wilayah yang sama. Seperti Suwito yang pernah menjadi penyidik di Polsek Murung Pudak, sebelum dipercaya menjadi Kapolsek.

Demikian pula Iptu Misno yang menjabat Kapolsek Muara Uya. Misno bukan orang baru di wilayah ini, karena sebelumnya pernah bertugas sebagai penyidik di Polsek Muara Uya.

"Saya berharap Iptu Suwito mampu mengemban tugas baru dan tak kalah bagus dengan pejabat sebelumnya, karena pernah bertugas penyidik di Polsek Murung Pudak," yakin Riza.

"Harapan serupa kepada Iptu Misno. Bukan orang baru di Polsek Muara Uya, sehingga sedikit banyak telah mengetahui demografi di wilayah satuan," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner