Hot Borneo

Termasuk Paman Birin, 5 Gubernur Bakal Ikut Kemah Bareng Jokowi di IKN Nusantara

apahabar.com, BANJARMASIN – Presidenw RI Joko Widodo akan melaksanakan kemah di lokasi Ibu Kota Negara (IKN)…

Featured-Image
Gubernur Sahbirin Noor saat menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa 2020 dari Presiden Jokowi, di Istana Negara Jakarta. Foto: Humas Pemprov Kalsel

bakabar.com, BANJARMASIN – Presidenw RI Joko Widodo akan melaksanakan kemah di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kaltim.

Kegiatan kemah yang digelar 13-14 Maret 2022 itu, bakal diikuti 5 gubernur se-Kalimantan, termasuk Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin.

Gubernur Kaltim H Isran Noor dalam dialog program Top News Metro TV membeberkan perkembangan persiapan agenda tersebut, Kamis (10/3).

“Alhamdulillah persiapannyan sudah sudah dikerjakan, dan pada hari H nya nanti sudah 100 persen dan kemahnya sudah dapat dipergunakan presiden beserta rombongan. Ini berkat kerja sama Sekretariat Negara dan pihak-pihak terkait seperti Pangdam VI Mulawarman dan Kapolda Kaltim, terutama persiapan kemah yang akan ditempati Presiden Joko Widodo,” kata Isran Noor.

“Karena ini ibu kota negara Nusantara, maka tamu (gubernur) akan memakai pakaian adat nusantara dari masing-masing provinsi, namun rencananya gubernur yang akan menginap berkemah bersama presiden hanya lima gubernur se Kalimantan, yaitu Kaltim, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara,” sambungnya.

Dalam acara tersebut Presiden Joko Widodo akan memberikan arahan kepada gubernur se Indonesia, sekaligus syukuran termasuk melakukan ritual adat istiadat untuk menyambut pembangunan IKN Nusantara.

“Selain itu ada ritual masing-masing gubernur membawa satu liter air yang berasal dari daerah masing-masing. Dimana air tersebut nantinya akan dimasukkan dalam satu wadah yang sudah dipersiapkan panitia,” tandasnya.

Sementara itu berdasarkan situs Pemprov Kalteng, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan para gubernur se-Indonesia akan mengikuti pengarahan langsung oleh Presiden Jokowi.

Nantinya rencana berkemah juga akan disertai dengan pertemuan bersama tokoh adat di Kalimantan Timur, mulai tokoh adat Kutai, Dayak, Paser, Berau, Banjar, Bugis, dan Jawa.

Komentar
Banner
Banner