Tak Berkategori

Terima Bantuan Peralatan dari BNPB, BPBD Banjarbaru Langsung Eksekusi Latihan di Danau Seran

apahabar.com, BANJARBARU – Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin menerimakan Bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan…

Featured-Image
Jajaran BPBD Kota Banjarbaru saat melakukan latihan di Danau Seran menggunakan peralatan bantuan dari BNPB. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARBARU – Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin menerimakan Bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana Pusat (BNPB) di Halaman BPBD Kota Banjarbaru, Jumat (24/12).

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris BPBD Provinsi Kalsel Iswantoro kepada Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin.

Tampak Kepala Badan Kesbangpol H Abdul Malik, Inspektur Rahmad Taufik, Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjarbaru Zaini dan Kabag Humas Protokol Sekretariat Daerah Kota Banjarbaru Dhiah Tri Widhiningsih.

Adapun bantuan yang didapat oleh BPBD Kota Banjarbaru berupa 2 buah tenda, 2 buah perahu mesin, 1 buah trailer dapur umum dan peralatan dapur umum.

Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan tersebut.

“Kami Pemerintah Kota Banjarbaru menyampaikan ucapan terima kasih. Tentunya bantuan ini sangat membantu dan bermanfaat bagi kami, terutama untuk penanganan bencana di Banjarbaru,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan kepada semua yang hadir, terutama jajaran BPBD Kota Banjarbaru, bahwa apel yang digelar hari ini sekaligus untuk sigap siaga akan bencana yang setiap saat mengancam masyarakat Banjarbaru.

‘”Apalagi saat ini tidak hanya ancaman bencana alam, seperti kebakaran lahan dan hutan, banjir, angin kencang, dan tanah longsor, namun juga pandemi covid 19 yang hingga saat ini masih ada,” katanya.

Lalu, lanjutnya bencana alam bisa terjadi mendadak dan tidak dapat diprediksi, karena itu perlu adanya kelancaran komunikasi dan koordinasi antar lintas sektor, sehingga penanganan yang cepat dapat dilakukan dengan akurat dan bermanfaat, sehingga dampak yang lebih buruk dapat dihindari.

“Dan dalam rangka kesiapan kita menghadapi bencana, saya berharap bantuan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan dengan optimal,” harapnya.

Dimintanya peralatan yang diberikan agar digunakan dengan baik dan tepat, sehingga dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu lama.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjarbaru Zaini beserta jajaran BPBD Kota Banjarbaru bertindak cepat dengan melakukan uji latihan menggunakan bantuan alat tersebut.

Mereka latihan dengan didampingi Basarnas Banjarmasin di Area Kawasan Danau Seran Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru.

Sebelum latihan dimulai, Zaini menyampaikan kepada jajarannya agar selalu safety sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama pelaksanaan pelatihan.

“Syukurlah, kami semua tetap kompak dan jaga keselamatan bersama selama latihan,” katanya.

Perwakilan Basarnas Banjarmasin Agus Supriyanto menambahkan agar personel BPBD selalu memperhatikan arahan yang disampaikan selama latihan.

“Apalagi kawasan danau seran kedalaman airnya cukup dalam,” tuntasnya.



Komentar
Banner
Banner