Bisnis

Tembus 1.000 Penumpang per Hari, Perjalanan KA Banyubiru Diperbanyak

Kadaop 6 Yogyakarta, Bambang Respationo berencana menambah jumlah perjalanan Kereta Api Banyubiru rute Solo-Semarang ataupun sebaliknya.

Featured-Image
Suasana di Stasiun Solo Balapan, Selasa, (04/6). Foto: apahabar.com/Fernando

bakabar.com, JAKARTA - Kadaop 6 Yogyakarta Bambang Respationo berencana menambah jumlah perjalanan Kereta Api Banyubiru rute Solo-Semarang ataupun sebaliknya.

Menurut Bambang, animo penumpang KA Banyubiru yang baru saja diluncurkan pada 1 Juni 2023 sangat tinggi. Selama dua kali perjalanan dalam sehari, KA tersebut penuh dengan penumpang.

"Sehari rata-rata bisa 400 sampai 500-an. Sekali jalan berarti 1.000an penumpang, dalam 2 kali jalan. Luar biasa memang kapasitasnya segitu," ungkapnya Selasa, (04/6).

Pihak DAOP 6 Yogyakarta bahkan telah mengkomunikasikan hal tersebut dengan Wali kota Solo, Gibran Rakabuming. Itu karena rute kereta api jurusan Solo-Semarang terbilang sepi peminat.

Baca Juga: H+1 Iduladha, Ada 18 Ribu Penumpang Kereta Api di Daop 8 Surabaya

"Tadi dibicarakan ke mas wali ini buka peluang untuk buka wisata apapun. Dari Semarang ke Solo dan sebaliknya. Ke depan kita saling mengusulkan, ini akan membangkitkan dari Semarang ke Solo," imbuhnya.

Sementara itu, Wali kota Solo Gibran Rakabuming membenarkan adanya upaya untuk mendorong penambahan rute perjalanan Kereta Api Banyubiru jurusan Solo-Semarang.

"Banyubiru tak dorong lagi. Biar ibu Ita, Wali kota Semarang juga ikut dorong," tandasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner