Iduladha 2023

H+1 Iduladha, Ada 18 Ribu Penumpang Kereta Api di Daop 8 Surabaya

Sebanyak 18 ribu penumpang menggunakan moda transportasi kereta api di wilayah DAOP 8 Surabaya pada H+1 Iduladha, Jumat (30/6).

Featured-Image
KAI Daop 8 Surabaya Imbau Penumpang Pilih Tanggal Alternatif Arus Balik Mudik 2023 (Foto: Dok KAI DAOP 8 Surabaya)

bakabar.com, SURABAYA - Sebanyak 18 ribu penumpang menggunakan moda transportasi kereta api di wilayah DAOP 8 Surabaya pada H+1 Iduladha, Jumat (30/6). Sedikitnya ada 5 kota tujuan favorit penumpang kereta api (KA) selama libur Iduladha ini.

Catatan KAI Daop 8 Surabaya, penumpang KA diprediksi masih tinggi hingga Minggu (2/7) atau pada hari terakhir libur Iduladha. Sementara itu, jumlah keberangkatan dan kedatangan paling banyak tercatat pada Rabu (28/6), yakni 22.588 penumpang.

“Jumlah itu paling tinggi selama libur Iduladha Selasa (27/6) hingga Minggu,” kata Humas KAI DAOP 8 Surabaya, Luqman Arif kepada bakabar.com, Jumat (30/6).

Baca Juga: Libur Panjang Iduladha, Sebanyak 191.000 Tiket Kereta Api Laku Terjual

Selama libur Iduladha, DAOP 8 Surabaya melayani 42 keberangkatan setiap hari. Dengan total tempat duduk sebanyak 25.658 tiket KA jarak jauh.

Selain itu, 5 kota tujuan favorit penumpang di wilayah DAOP 8 Surabaya, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Jember, dan Banyuwangi. Keberangkatan terbanyak adalah Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasar Turi, dan Stasiun Malang.

Menurut Arif, sebagian tiket masih tersedia untuk dipesan. Pihaknya meminta pelanggan untuk mengecek secara berkala. Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif.

Baca Juga: Harga Daging Ayam Tembus Rp 38 ribu, Pemkot Surabaya Cari Pemasok Lain

Selain itu, pelanggan juga bisa memanfaatkan fitur connecting train di aplikasi KAI Access. Fitur itu akan membantu memberikan pilihan perjalanan dengan mengkombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

“Istilahnya oper ya. Misalnya Surabaya-Jakarta tiketnya habis, bisa pesan Surabaya-Yogyakarta, lalu connecting train Yogyakarta-Jakarta,” papar Arif.

Untuk itu, Arif mengimbau bagi pelanggan yang memilih fitur connecting train agar menyiapkan jeda waktu yang cukup. Agar tidak tertinggal perjalanan kereta api selanjutnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner