Nasional

Tembus 10 Besar Nasional, Ibnu Sina Galang Dukungan untuk Gapura Warga Kenanga

apahabar.com, BANJARMASIN – Gapura kebanggaan warga Kompleks Kenanga Citra Puri, Banjarmasin berhasil meraih prestasi tingkat nasional….

Featured-Image
Gapura Karya Warga Kompleks Kenanga Citra Puri. Foto-apahabar.com/Bahaudin

bakabar.com, BANJARMASIN – Gapura kebanggaan warga Kompleks Kenanga Citra Puri, Banjarmasin berhasil meraih prestasi tingkat nasional.

Gapura kemerdekaan itu masuk sepuluh besar dalam ajang Festival Gapura Cinta Negeri, 17 Agustus kemarin. Bahkan, gapura ‘Bhineka Tunggal Ika’ ini sukses menyisihkan 1.793 peserta.

Karena prestasinya itu, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mendukung penuh kreativitas yang dilakoni warga di sana. “Alhamdulillah. Mari kita beri dukungan untuk gapura dari warga Kompleks Kenanga Citra Puri bisa juara secara nasional,” tegas Ibnu saat berkunjung ke Kompleks Kenangan, Rabu siang.

Menurutnya capaian ini merupakan buah manis antusiasme masyarakat dalam bergotong royong untuk berpartisipasi dalam Festival Gapura Cinta Negeri. Mantan anggota DPRD Kalsel itu terlihat tak bisa menutupi rasa bangganya atas inovasi dan kepedulian warga di sana dalam merayakan HUT RI ke-74.

“Mudahan mudahan replika ini bisa memberikan spirit riak kota Seribu Sungai untuk Indonesia lebih baik,” tegasnya. Seperti diketahui, ada 10 peserta yang masuk pada Festival Gapura Cinta Negeri. Mereka memperebutkan piala dan hadiah uang bernilai total Rp 1miliar.

Tidak hanya itu, para pemenang juga akan diundang khusus untuk bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Ibnu mengimbau agar warga Banjarmasin dan sekitarnya bisa mendukung Gapura Bhinneka Tunggal Ika ini bisa menjadi pemenang favorit.

Caranya mudah. Cukup melalui voting netizen di sosial media Instagram. Wali kota, melalui instagramnya @ibnusina telah me-regramnya. “Like and share di Instagram @festivalgapura atas nama Arief Rahman untuk bisa menjadi juara favorit,” tegasnya.

Pantauan bakabar.com, Gapura dihias dengan berbagai unsur budaya. Di antaranya, pada sisi atas terdapat Garuda Pancasila yang berukuran tinggi 8 meter lebar 7 meter. Pada sisi kiri, terdapat ikon Banjarmasin yaitu Bekantan dan Jukung. Sedangkan sisi kanan menampilkan suasana perlombaan panjat pinang yang diwakili suku Jawa, Melayu, Dayak dan Papua.

"Idenya dari semua warga, jadi inspirasinya kami dapat dari mana-mana tapi disesuaikan dengan kategori persyaratan yang diajukan panitia seperti menampilkan Garuda, merah-putih dan nuansa daerahnya," ujar warga Komplek Kenanga Citra Puri, Erwin.

Gapura dihias dengan lampu dan plastik berwarna warni, dengan menggunakan rangka dari kawat dan kayu. Kemudian dilukis dengan ukiran-ukiran khas Dayak. "Kita gunakan plastik agar tahan lama dan tidak mudah rusak," tuturnya.

Pembuatan Gapura menghabiskan dana hingga puluhan juta rupiah. Didapat dari hasil iuran warga setempat. Sedangkan total hadiah nantinya adalah sekira satu milliar rupiah.

Baca Juga: Habiskan Puluhan Juta, Intip Gapura Cinta Negeri Ala Warga Kenanga Putri Banjarmasin

Baca Juga: Raih Prestasi Nasional, Pemerintah Daerah Belum Lirik Gapura Karya Warga Banjarmasin

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner