Bisnis

Tekan Impor, Apkasi Finalisasi Forum Perdagangan Antardaerah

Apkasi finalisasi terbentuknya forum perdagangan antardaerah yang melibatkan asosiasi pengusaha untuk pemenuhan supply dan demand.

Featured-Image
Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) 2023, di Jakarta, Kamis (20/7/2023). Foto: Apkasi

bakabar.com, JAKARTA - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) memfinalisasi terbentuknya forum perdagangan antardaerah yang melibatkan asosiasi pengusaha untuk pemenuhan supply dan demand guna menekan keran impor kebutuhan barang pokok.

"Ketika pasokan kurang, harga akan naik. Maka dengan adanya perdagangan antardaerah, kami meyakini pemenuhan kebutuhan masyarakat di daerah akan terpenuhi secara merata," ujar Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan, di Jakarta, Jumat (21/9).

Sutan menjelaskan Apkasi melaksanakan sejumlah forum bisnis yang mempertemukan pemerintah daerah dengan para buyer dan investor potensial. Ke depan forum perdagangan antardaerah dinilai sangat diperlukan untuk merespons dan mengantisipasi krisis pangan di daerah.

Sutan menyampaikan, selain penambahan dana dari pusat melalui Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK), pemerintah daerah senantiasa berupaya mencari sumber pendapatan lain untuk pembangunan, salah satunya melalui perdagangan dan investasi.

Baca Juga: Rakernas Apkasi: Mendagri Minta Pemda Siap Hadapi Pemilu 2024

Pada Kamis (20/7), Apkasi menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2023 yang bertepatan dengan pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023. Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin.

Ma'ruf Amin meminta pemerintah kabupaten agar terus mendorong terciptanya ekosistem usaha yang sehat dan ramah investor di daerahnya.

Lebih lanjut, pemerintah kabupaten diharapkan fokus kepada komoditas unggulan dari hulu ke hilir secara terpadu dan memperkuat peluang di bidang ekonomi dan keuangan syariah.

Editor
Komentar
Banner
Banner