Nasional

Tarif Listrik Nonsubsidi Mau Naik, Ini Kata Bos PLN

apahabar.com, JAKARTA – Tarif listrik khususnya golongan nonsubsidi akan mengalami penyesuaian tahun ini. Direktur Utama PT…

Featured-Image
Tarif listrik tahun ini naik. Foto-Shutterstock

bakabar.com, JAKARTA – Tarif listrik khususnya golongan nonsubsidi akan mengalami penyesuaian tahun ini. Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo memastikan pihaknya akan mengikuti ketentuan pemerintah ihwal rencana penyesuaian tarif listrik atau automatic tariff adjustment (ATA) untuk golongan nonsubsidi.

Langkah itu juga mengharuskan pemerintah memberikan kompensasi pembiayaan listrik untuk golongan nonsubsidi. Sebaliknya, bila tariff adjustment dilepas maka ada kenaikan tarif berdasarkan 4 parameter yakni exchange rate, kurs, ICP, harga batu bara acuan, dan tingkat inflasi.

“Kalau automatic tariff adjustment ini dilepas maka akan ada kenaikan tarif sesuai dengan adjusment dari menggunakan 4 parameter,” ujar Darmawan saat rapat dengar pendapat bersama Komisi VII DPR.

Menurutnya, rencana penyesuaian tarif listrik merupakan keputusan bersama antara Presiden Joko Widodo (Jokowi), DPR RI, Kementerian ESDM, hingga Kementerian Keuangan. Meski begitu, rencana penyesuaian tarif listrik belum diumumkan.

“Ini keputusan ini bukan di PLN saja. Tapi, ini keputusan bersama dari DPR RI, Kementerian Keuangan, ESDM, dan Istana. PLN sebagai operator. Apakah yang non subsidi akan menggunakan kompensasi ditanggung pemerintah atau tarif adjusment,” kata dia, kutip Okezone.



Komentar
Banner
Banner